NASA Tayangkan Live Streaming Mendarat di Planet Mars

Robot pendarat penjelajah Planet Mars milik NASA, Opportunity
Sumber :
  • www.jpl.nasa.gov

VIVA – NASA dikabarkan sedang mempersiapkan misi pendaratan ke planet Mars untuk memeriksa beberapa hal, termasuk adanya gempa yang terjadi di planet merah itu (Marsquakes).

5 Ramalan Populer Jayabaya yang Diyakini Telah Terjadi Di Indonesia

Laman Metro mewartakan pada 14 November 2018, pesawat robot yang diluncurkan Badan Antariksa milik Amerika tersebut akan menggali ke dalam kerak planet Mars, di mana titik itu diprediksi telah terjadi gempa.

Menariknya NASA berencana menyiarkannya secara langsung (live) pada 26 November nanti, yang juga menjadi hari pendaratan Probe InSight di Planet Merah. Probe InSight adalah pesawat yang digunakan untuk menjalankan misi itu.

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

Siaran langsung nanti bukan dikirim oleh astronot dari Mars, akan tetapi berdasarkan data dan kejadian yang dipantulkan pada kontrol misi Jet Propulsion Laboratory (JPL) milik NASA, sehingga kita dapat melihat para ilmuwan dan insinyur melakukan tugas mereka secara real time.

Dalam postingan JPL lainnya mengatakan, mereka sebenarnya berencana untuk menayangkan streaming itu dalam dua metode. Pertama, siaran live dialirkan ke kanal TV NASA, disertai komentar para ahli.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya
Ilustrasi Probe InSight (foto: JPL NASA)

Kedua, melalui metode yang disebut NASA 'umpan tanpa gangguan, bersih dari kontrol misi JPL, dengan hanya menyajikan audio'. Artinya, kita dapat mendengar para insinyur dan pengontrol berbicara satu sama lain tanpa ada komentator yang menceritakan aksi tersebut.

Para ilmuwan menyatakan bahwa mereka ingin memeriksa banyak hal yang terjadi di Mars, dalam upaya mengungkap rahasia sejarah kunonya. "Ilmu yang ingin kami lakukan dengan misi ini benar-benar ilmu memahami tata surya awal," kata Bruce Banerdt, peneliti utama dari tim InSight.

Akan tetapi timbul spekulasi di internet bahwa Probe InSight mungkin akan mendarat di mana para pemburu alien mengklaim telah melihat UFO jatuh dan 'kota luar angkasa' yang disebut Elysium Planitia. Sayangnya, tidak dijelaskan siapa pemburu alien yang dimaksud ini.

Dalam perjalananannya, InSight yang dibekali kekuatan bertenaga surya itu akan menghabiskan waktu satu tahun menjelajah interior Mars, untuk menemukan petunjuk bagaimana Mars terbentuk dan planet berbatu lainnya muncul.

Tayangan live pendaratan di planet Mars dapat ditonton di kanal media sosial dan saluran resmi NASA. Jadwal siaran langsung juga telah tersedia di laman jpl.nasa.gov. Mulai konferensi tanggal 21 November, hingga puncaknya tanggal 26 November saat pendaratan diperkirakan pukul 3:00 EST.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya