5 Tempat Paling Misterius di Bawah Laut

Keindahan Alam Bawah Laut di Wakatobi
Keindahan Alam Bawah Laut di Wakatobi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Dari dua juta spesies yang hidup di dalam laut, diperkirakan manusia baru mengidentifikasi sekitar 230 ribu saja. Jadi di mana sisanya bersembunyi? Tempat-tempat di kedalaman laut ini mungkin bisa jadi jawabannya. Berkat keberanian ilmuwan mengeksplorasi daerah-daerah yang penuh risiko, lima berikut ini di antaranya.

1. Ross Sea Ice Shelf
Lokasinya di bawah lapisan es Antartika. Menggunakan teknologi khusus yang disebut robot bawah air, peneliti dari NSF (National Science Foundation) mengebor permukaan di kedalaman ratusan meter bawah laut. Mereka menemukan spesies misterius yang hidup di sana, termasuk krustasea, anemon laut, dan ikan berenang terbalik yang belum pernah ada sebelumnya.

Videonya diunggah pada tahun 2014. Peneliti belum mendapat jawaban bagaimana makhluk-makhluk tersebut bertahan hidup dalam kondisi ekstrem seperti itu.

2. Terumbu karang Greenland
Pada 2012, para peneliti menemukan terumbu karang yang dalam saat mengambil sampel air 900m di bawah Tanjung Desolation di pantai selatan Greenland. Alat yang diturunkan di bawah laut itu bahkan rusak karena terbentur karang tersebut.

Tak seperti karang yang ditemukan di perairan tropis, terumbu karang air laut dingin mampu berkembang dalam suhu serendah 4 derajat Celsius, di kegelapan total. Karang air dingin tidak bergantung pada sinar matahari sebagai sumber energi, melainkan makan dari zooplankton yang dibawa oleh arus laut.

Kedalaman yang menjadi habitat karang itu masih dianggap memiliki misteri yang belum terpecahkan, termasuk spesies hewannya.