Bos Apple Tuding Facebook Lebih Pentingkan Uang Ketimbang Moral

Founder and CEO Facebook Mark Zuckerberg.
Sumber :
  • Business Insider

VIVA – Perseteruan antara petinggi Apple dan Facebook belum mereda. Kali ini Co-Founder Apple, Steve Wozniak yang melemparkan kritik pedas pada perusahaan media sosial, Facebook, sekaligus pemiliknya, Mark Zuckerberg.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Wozniak menyatakan, Facebook perlu mengingat bahwa kepentingan orang lebih dari teknologi, serta menyarankan raksasa media sosial itu untuk berhenti mementingkan uang ketimbang moral. Ungkapan Wozniak itu dituturkan reporter NBC, Dylan Byers, dalam wawancara dengan Wozniak, seperti dikutip dari Business Insider, 16 November 2018.

Kritik pedas dari Wozniak dilontarkan sebelum laporan dari New York Times mengenai bagaimana Facebook berusaha menghadapi berbagai krisis di masa lalu. "Mereka tidak akan melakukan satu hal yang merugikan mereka sepeser pun," kata Wozniak kepada CNBC.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Co-Founder Apple, Steve Wozniak
Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Selain itu, Wozniak juga mengatakan Facebook harus lebih jelas dengan kebijakan iklannya. Menurutnya, pengguna harus tahu bahwa mereka menjadi target iklan tertentu.

Selama ini Facebook dituding memanfaatkan data pengguna untuk mentargetkan mereka pada tayangan iklan tertentu. Dengan mekanisme ini, Facebook meraup banyak keuntungan.

"Pengguna memberikan setiap detail kehidupan mereka ke Facebook dan Facebook membuat banyak uang iklan dari ini," tulis Wozniak dalam email ke USA Today. "Semua keuntungan didasarkan pada info pengguna, tapi pengguna tidak mendapatkan kembali keuntungannya," katanya.

Wozniak sendiri telah mengumumkan secara terbuka pada bulan April bahwa ia berencana berhenti menggunakan Facebook, karena menilai perusahaan tersebut tidak menghormati privasi atau data pengguna.

Menurut Wozniak, seharusnya Facebook memberi kebebasan apakah pengguna bersedia ditarget iklan atau tidak, termasuk bisa mengecek dan menghapusnya.

"Apple menciptakan uang dari produk yang bagus, bukan dari Anda. Tak seperti Facebook, bagi mereka, Anda adalah produknya," ujar Wozniak. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya