Cara Hasilkan Uang dari Nge-blog

Acara VIVA.co.id dan Geniee bareng para blogger
Sumber :
  • Dok. VIVA

VIVA – Di era digital seperti sekarang, tak sedikit blogger yang memperoleh penghasilan dari keterampilannya menulis. Akan tetapi, tidak semua orang yang menulis di blog, tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari karyanya itu. 

Pengumuman, Ini Pemenang BRI Write Fest 2023

Beragam faktor menjadi penyebabnya. Mulai dari terbatasnya jaringan, hingga awam dalam teknis monetisasi. Berangkat dari permasalahan tersebut, VIVA.co.id berkolaborasi dengan platform teknologi iklan, Geniee, menyelenggarakan edukasi bagi blogger bertajuk 'commercial blog writing and how to monetize it'.

Chief Operating Officer Geniee, Yulius Agus, dalam sambutannya mengatakan, tulisan selain dapat bermanfaat untuk orang banyak, juga dapat bermanfaat untuk diri sendiri. Dengan banyak membuat karya, maka mereka akan menemukan beberapa cara agar tulisannya tersebut dapat menghasilkan uang.

Tips Memotret Produk agar Menarik di Media Sosial

"Sebagai teknologi untuk advertising, Geniee Technology Indonesia menyediakan tempat untuk advertiser (pengiklan) maupun publisher (penayang), lalu mereka dipertemukan dalam sebuah platform teknologi," ujarnya kepada para blogger di Cocowork Dlab, Jakarta, Jumat, 17 November 2018.

Perusahaan yang berbasis di Jepang ini juga merupakan partner dari Google, sehingga bisa memberi fasilitas konsultasi. Di mana untuk masalah publisher, Google hanya tersedia di Singapura, Geniee akan menjembatani komunikasi seputar SEO (search engine optimization), optimasi dan monetisasi antara keduanya.

Hingga 9 Desember, Kompetisi BRI Write Fest 2023 Tawarkan Hadiah Ratusan Juta! Ini Syaratnya

Sementara itu, editor VIVA.co.id, Maya Sofia, juga turut berbagi ilmu seputar tips menulis blog yang baik dan benar. Pertama, menurut Maya, blogger perlu banyak membaca buku, "Ketika rajin baca novel atau sastra, dengan sendirinya kita akan mendapat wawasan dan kosakata baru, tulisan juga akan menjadi lebih terstruktur," katanya.

Tips lainnya, tulisan harus original dan jujur, lalu memenuhi aspek 5W+1H. Sebagai penulis juga perlu memaksimalkan panca indera, gunakan ejaan yang disempurnakan, dan perhatikan copyright

Bicara soal mengkomersialkan tulisan, publisher atau blogger harus memahami target pembaca, membuat judul yang menarik namun tidak bombastis, tidak mengandung unsur SARA, dan tidak membandingkan produk dalam satu artikel. 

Media Consultant Geniee, Febri Fristian mengatakan, SEO juga menjadi faktor pendukung lainnya. Pasalnya, para blogger perlu mengikuti tren dan algoritma Google. Tren tersebut bisa berubah dalam waktu enam bulan sampai satu tahun. Sehingga jangan heran jika artikel sebelumnya bisa hilang dari mesin pencari.

Acara ini diikuti oleh 80 blogger yang berasal dari berbagai kalangan. Selanjutnya Geniee dan VIVA.co.id akan membuat suatu wadah atau komunitas bagi para blogger. Sehingga mereka yang ada di dalam platform tersebut dapat saling terkoneksi dengan mudah, termasuk kaitannya dalam hal manajemen iklan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya