Wombat, Hewan Unik Asal Australia yang Kotorannya Berbentuk Kubus

Wombat punya kotoran berbentuk kubus
Sumber :

VIVA – Marsupial (hewan berkantung) asal Australia, wombat, dianggap memiliki bentuk kotoran yang unik. Tak seperti kebanyakan hewan lain yang kotorannya tak beraturan, bentuk kotoran wombat lebih menyerupai kubik atau kubus.

5 Negara dengan Penjualan Tiket Bioskop Termahal, Ko Bisa?

Tim ilmuwan dari Insititut Teknologi Georgia yang dipimpin oleh Patricia Yang, melakukan penelitian untuk mencari tahu penyebabnya. Sebagaimana diwartakan laman BGR, mereka menemukan bahwa kotoran wombat yang berbentuk kubus itu  memiliki tujuan tertentu, kaitannya dengan penandaan wilayah. 

Wombat menggunakan kotorannya itu untuk menandai bahwa suatu wilayah telah dikuasai secara turun-menurun, sejak generasi terdahulu. Perilaku wombat itu mirip dengan anjing yang mengencingi suatu tempat sebagai pertanda daerah kekuasaannya. 

Liburan ke Asia Tenggara dan Australia Pakai Tiket Diskon, Cek di Sini! 

Saat ilmuwan memeriksa usus wombat, mereka menemukan, delapan persen usus terakhir berperan penting dalam pembentukan kotoran bentuk dadu itu.

Sifat elastis usus wombat dapat menghasilkan kotoran berbentuk kubik. Cara ini merupakan evolusi dari usus hewan untuk menciptakan bentuk kotoran yang lain daripada umumnya.

Bule Lansia Asal Australia Tewas Terjatuh dari Tangga saat Menikmati Suasana Pantai Sindhu di Sanur

Tim juga menemukan wombat buang air besar di tempat yang mudah ditemukan. Mereka tidak berusaha menyembunyikan, namun malah menaruh kotorannya di tempat yang lebih tinggi, misalnya di atas batu. 

Neta V

Neta Lirik Indonesia Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik

Pabrikan otomotif asal Tiongkok, Neta, mengaku serius dan berkomitmen untuk membantu Pemerintah dalam program elektrifikasi nasional. Upaya ini dibuktikan oleh rencana pe

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024