Cari Lowongan Kerja Bisa Lewat Google Search

Aplikasi mobile 'Jobs on Google Search'.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Google merilis layanan aplikasi ‘Jobs on Google Search’ untuk memudahkan pengguna dalam mencari pekerjaan. Caranya, cukup masuk dalam Search.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Raksasa teknologi Amerika Serikat ini melihat bahwa mencari pekerjaan saat ini masih rumit, termasuk tanggal posting pencarian juga sering tidak jelas.

"Mencari pekerjaan masih rumit. Jenis pekerjaan, jabatan, dan data pekerjaan baru ataupun lama. Itu kita tidak tahu," kata Product Marketing Manager Google Search, Mira Sumanti, di Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

Dengan hanya mengetik kata kunci seperti 'Lowongan Pekerjaan' akan keluar sejumlah pencarian kerja dengan lokasi terdekat pengguna saat itu juga.

Mira mengaku juga menghadirkan sejumlah filter untuk pencarian pekerjaan. Pertama, dari kategori atau jenis pekerjaan seperti akuntasi dan keuangan, manajemen, serta komputer dan teknologi informasi.

Syarat dan Ketentuan Dapat Uang dari YouTube Shorts, Enggak Gampang

Lokasinya pun bisa diubah darimana saja hingga berdasarkan jarak, mulai dari 2 kilometer sampai 300 kilometer. "Selain itu juga informasi di sini bisa disortir dengan kriteria lokasi atau tanggal diposting. Jadi selalu update," ungkap dia.

Adapula jenis pekerjaan untuk pengguna yang menginginkan pekerjaan tetap, kontraktor, magang dan paruh waktu. Perusahaan pun bisa dibuat filternya.

Layanan Jobs on Google Search terintegrasi dengan sejumlah situs pencarian pekerjaan. Jadi saat diklik pekerjaan yang diinginkan akan bisa masuk ke situs tersebut seperti karir.com dan loker.id.

"Kita sudah bermitra dengan karir.com, loker.id, dan beberapa lainnya. Jadi sekarang informasi pekerjaan di seluruh Indonesia bisa didapatkan dengan mudah," kata Mira. (sar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya