Posko Samsung Peduli Palu Siapkan Mesin Cuci sampai Tablet

Dapur umum Samsung di Sulawesi Tengah
Sumber :
  • Dok. Samsung

VIVA – Pemulihan bencana di Palu memang tidak bisa dilakukan secara singkat. Butuh waktu untuk bisa memperbaiki infrastruktur Palu dan psikologi warga yang terdampak bencana bertubi-tubi, mulai dari gempa, tsunami, sampai likuifaksi.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Oleh karena prosesnya yang memakan waktu lama, dibutuhkan bantuan semua pihak, terutama swasta untuk bisa mempercepat proses pemulihan. Samsung turut serta dalam proses pemulihan bencana di Palu dengan membangun posko khusus, Samsung Peduli.

"Bulan Oktober 2018 lalu, Samsung mendonasikan Rp7,5 miliar melalui PMI. Kami melihat penduduk di sini masih membutuhkan bantuan. Hari ini kami menambahkan bantuan untuk lebih dari 2.300 pengungsi di Stadion Gawalise dan Jono Oge dengan mendirikan Posko Samsung Peduli," ujar KangHyun Lee, Vice President Corporate Affairs PT Samsung Electronics Indonesia, dalam keterangannya, Rabu, 5 Desember 2018.

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Dikatakan Lee, sejak hari pertama beroperasi posko tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat. Dengan berdirinya posko ini diharapkan bisa membantu masyarakat kembali bangkit memperbaiki kehidupan mereka.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa di dalam dua posko tersebut, masing-masing menyediakan 10 mesin cuci Samsung untuk pelayanan cuci pakaian gratis, 3 microwave Samsung untuk menyiapkan makanan siap saji serta menghangatkan makanan, 1 unit kulkas Samsung untuk penyimpanan minuman dan bahan makanan, serta 1 TV Samsung 55 inci untuk memenuhi kebutuhan informasi maupun hiburan. 

Melengkapi bantuannya, Samsung juga menyediakan pusat telekomunikasi di posko-posko Samsung Peduli dengan total 10 unit smartphone Samsung. Perangkat ini memungkinkan para pengungsi melakukan komunikasi dengan sanak saudara dan kerabat mereka secara gratis. Terdapat juga 5 unit tablet yang dapat digunakan untuk permainan edukatif dan hiburan bagi anak-anak di sekitar posko.

Posko Samsung Peduli sendiri telah beroperasi sejak 19 November 2018. Puluhan mesin cuci yang ada di dalam posko diklaim telah membersihkan lebih dari 5224,3 kilogram atau 21,791 potong pakaian, dan 8040 paket makanan, dalam kurun 11 hari sejak posko didirikan.

Selain cuci pakaian gratis, sebelumnya mereka juga telah membuka jasa perbaikan alat elektronik gratis untuk produk Samsung yang rusak akibat bencana. Layanan yang telah berakhir sejak 2 Desember lalu ini dikhususkan untuk peralatan rumah tangga seperti TV, mesin cuci, kulkas, sound bar, vacuum cleaner, dan microwave. Ada juga dapur umum Samsung.

Bencana di Sulawesi Tengah yang terjadi pada 28 September lalu meluluhlantakkan bangunan dan membuat terputusnya akses transportasi dan komunikasi. Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 1 November melaporkan sebanyak 2.087 jiwa meninggal dunia, 4.438 luka-luka, 1.084 orang dinyatakan hilang, 68.451 unit rumah mengalami kerusakan dan menyebabkan 206.494 orang mengungsi di 122 titik. Selain itu terjadi pula kerusakan fasilitas umum, yaitu pada 327 tempat ibadah, 265 unit sekolah, tiga Rumah sakit, 78 unit perkantoran, serta tujuh jembatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya