Aplikasi Hiburan Dominasi Penggunaan Data Internet Smartfren

Ilustrasi aplikasi di smartphone.
Sumber :
  • Pixabay/MariusMB

VIVA – Gaya hidup masyarakat di era digital yang sudah serba online menjadi sasaran para penyedia jasa layanan telekomunikasi untuk meningkatkan mutu dan pelayanannya, tak terkecuali Smartfren. Beroperasi di Indonesia sejak tahun 2011, kini Smartfren mengklaim jadi satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang beroperasi penuh di jaringan 4G LTE. 

Ulang Tahun, Nikita Mirzani Traktir Makan dan Bagi THR ke Ojol

Penggunaan internet untuk aktivitas sehari-hari semakin luas cakupannya. Bukan hanya untuk sekadar telekomunikasi, tapi juga menonton, mendengarkan musik, bermain game, belanja, transaksi uang, dan sebagainya. Smartfren pun mengungkap aplikasi-aplikasi yang paling banyak dipakai para penggunanya.

Beberapa teratas di antaranya YouTube, Facebook, Instagram, Google, dan WhatsApp. YouTube sendiri memberi sumbangan 40 persen dari total traffic layanan tersebut. Sebanyak 38 persen berasal dari konsumsi penggunaan aplikasi pesan dan media sosial.

Waktu yang Pas Berhubungan Seks di Bulan Ramadhan dan Aturan Mandi Junub Agar Puasa Tetap Sah

"YouTube ini lebih ke entertainment, konten-konten tutorial banyak dicari. YouTube sangat dominan di network Smartfren ini, lalu kemudian ada Facebook," kata Roberto Saputra, Chief Brand Office Smartfren, saat dijumpai di Bali, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, tren konten hiburan yang dinikmati dari mobile membuat layanan telekomunikasi ini gencar bekerja sama dengan aplikasi-aplikasi hiburan, seperti Viu untuk pengalaman menonton dan SmartMusic untuk mendengarkan musik.

Teuku Ryan Tak Bisa Janjikan Tak Poligami, Serahkan Semua Kepada Allah

Dari data yang dimiliki Smartfren diketahui, 90 persen pengguna mereka mendengarkan YouTube. Untuk aplikasi video streaming lain, seperti HOOQ dan Viu, setidaknya ada 17 persen dengan total waktu pemakaian rata-rata 180 menit per minggu.

Untuk aplikasi musik, rata-rata para pengguna layanan mereka memutar 100 unique songs dan menghabiskan 500 MB data internet per bulannya di SmartMusic.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengaku setuju jika XL Axiata dan Smartfren melakukan penggabungan usaha alias merger.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024