Cegah Rabun pada Anak, China Bikin Komite Etik Video Game

Ilustrasi video game.
Sumber :
  • Pixabay/Monikabaechler

VIVA – China memang menjadi kandang game dunia. Negeri Tirai Bambu ini merupakan pasar game terbesar di dunia.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Pemerintah China malah khawatir dengan dampak asyik dan kecanduan bermain game bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan sosial pemain game

Untuk itu, China belum lama ini membentuk badan komite etik yang bernama Online Games Ethics Committee. 

Cyber Crime Can Threaten Southeast Asia as Digital Technology Advances

Dikutip dari Engadget mengutip laporan South China Morning Post, Senin 10 Desember 2018, komite ini akan memastikan game yang dimainkan pengguna di China adalah game yang bermanfaat, tidak merusak kesehatan, dan mengatasi masalah sosial.

Komite etik game China itu sudah mengulas 20 game. Dan hasilnya, badan ini menolak 9 game dari total yang diulas tersebut. Sembilan game yang tak dirilis namanya itu ditolak untuk publikasi di pasar domestik. Sebelas game yang lolos pun diminta untuk melakukan perubahan sedikit. 

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Munculnya komite etik game ini merupakan respons di tengah maraknya kecanduan internet, rabun jauh atau miopa pada anak, dan konten tak pantas di pasar video game di China. Makanya, pemerintah China bertekad mengendalikan industri game.

Dengan aturan baru yang dibuat, penerbit game di China wajib mengajukan karya mereka untuk diulas oleh komisi etik tersebut. Kalau lolos, game akan bisa dijual di pasar domestik. Proses ulasan game ini memakan waktu berbulan-bulan. (dhi)

Banjir melanda provinsi Guangdong, China

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir melanda provinsi Guangdong di China selatan, usai hujan badai yang deras melanda selama akhir pekan lalu, dan menewaskan sedikitnya empat orang ketika air meluap m

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024