Nelayan Pakai Internet of Things Telkomsel, Panen Ikan Lebih Cepat

Penerapan Internet of Things di pertambakan Losarang, Kabupaten Indramayu
Sumber :
  • Dokumen Telkomsel

VIVA – Telkomsel mengembangkan ekosistem Internet of Things dengan penerapan teknologi NB-IoT atau Narrowband Internet of Things di kawasan pertambakan Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Perusahaan telekomunikasi itu bekerja sama dengan eFishery dan anak perusahaan Japfa bernama PT Suri Tani Pemuka. 

Demi Pasar, Hotel Kapsul Berbasis IoT di Jakarta Ganti Nama

"IoT menjadi salah satu elemen penting untuk mendukung roadmap pemerintah Indonesia 'Making Indonesia 4.0'. Telkomsel secara konsisten terus meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan untuk menghadapi tren IoT yang sedang berkembang secara global," ujar Vice President Corporate Planning Telkomsel, Andi Kristianto dalam keterangannya, Senin 10 Desember 2018. 

Dia menyebutkan, kerja sama dengan dua perusahaan itu membuktikan IoT juga tidak lagi ada di industri besar namun semua sektor termasuk perikanan. Selain itu, IoT telah ada dalam kehidupan masyarakat.

Butuh Perjuangan untuk Mentransformasi Budaya ke Digitalisasi

Dalam proyek itu, Telkomsel mendukung pemanfaatan mesin automatic fish feeder. Mesin ini mampu meningkatkan pakan dengan efisien, selain itu juga bisa membuat panen ikan lebih cepat. 

Dengan IoT, pakan akan diatur secara otomatis jadi petani bisa memantau dan menjadwalkan pemberian pakan pada ikan mereka lewat pemanfaatan smartphone

Paundra Noorbaskoro, Gunakan Teknologi untuk Budidaya Udang Ramah Lingkungan

Program itu disebut sebagai Kampung Perikanan Digital. Pemerintah Jawa Barat memberikan apresiasi terhadap program IoT itu, karena telah berkontribusi mendukung program provinsi yaitu Desa Digital Jabar. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, Desa Digital merupakan cara Jawa Barat bersiap mewujudkan revolusi industri ke-4.

"Tak hanya urusan WiFi-WiFi tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil.

Andi mengatakan, kerja sama dalam program ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas serta efisiensi untuk ternak ikan melalui NB-IoT. Karena hal tersebut juga sejalan dengan visi Telkomsel. 

"Hal ini sejalan dengan visi kami untuk melakukan transformasi digital dan senantiasa menjadi yang terdepan dalam menerapkan perkembangan teknologi seluler terkini yang akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia di masa depan,” ujar dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya