Remaja Tewas Kesetrum Saat Main Ponsel Sambil Di-charge

Ilustrasi kabel
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Remaja Malaysia berusia 16 tahun dilaporkan tewas akibat tersengat listrik melalui headphone. Mohd Aidi Azzhar Zahrin, nama pemuda itu, diyakini meninggal karena terkena aliran listrik saat bermain ponsel dalam keadaan mengisi daya.

Kronologi Pekerja Bangunan Tewas Tersengat Listrik dan Tertancap Pagar Besi di Makassar

Mengutip media setempat, New Strait Times, peristiwa itu disebutkan terjadi pada Senin lalu, di rumah korban Kampung Gaing Baru Pedas. Petugas Kepolisian setempat, Wakil Inspektur Anuar Bakri Abdul Salam memberi keterangan.

Pada mulanya, ibu Aidi meninggalkan rumah untuk bekerja pada Senin, pukul 7.45 pagi. Ia melihat putranya terbaring di lantai dan mengira sedang tidur.

Pekerja Bangunan di Makassar Tewas Tersengat Listrik dan Tertancap Pagar Besi

"Ketika sedang bekerja, dia merasa tidak nyaman dan memutuskan untuk pulang untuk memeriksa putranya," kata Anuar.

"Di rumah, dia menemukan anaknya di posisi yang sama. Dia (ibu) kemudian mencoba membangunkannya dan ketika dia menyentuhnya, tubuh bocah itu terasa dingin," tambahnya.

Sedang Perbaiki Lampu Jalan, Pria Lansia Tewas Tersengat Aliran Listrik

Anuar Bakri mengatakan wanita itu kemudian menghubungi klinik terdekat dan seorang petugas medis didatangkan ke rumah.

"Pemeriksaan tidak menunjukkan tanda memar atau cedera. Namun, ada pendarahan di telinga kiri anak itu," katanya.

Dia mengatakan, bocah itu diyakini mengenakan headphone saat ponsel sedang diisi daya.

"Petugas medis kemudian menegaskan bahwa korban telah meninggal beberapa jam sebelumnya." ujar Anuar.

Anuar Bakri menambahkan bahwa post mortem yang dilakukan di Rumah Sakit Tuanku Ja'afar mengungkapkan bahwa penyebab kematian terkait dengan listrik.

Insiden ini bukan yang pertama kalinya. Meski jarang, telah ada beberapa kasus serupa di masa lalu. Mengutip Digital Trends, di antaranya berikut ini:

Pada 2016, seorang wanita 30 tahun asal Malaysia meninggal tersengat listrik saat mengisi daya ponselnya.

Pada 2017, pria London tewas setelah charger iPhone tercelup ke bak mandi bersamanya. Nasib yang sama juga menimpa wanita Rusia pada tahun 2015.

Di Alabama, pria 32 tahun mengalami luka bakar tingkat dua dan tiga, di leher dan tangannya setelah dogtag (liontin) logamnya bersentuhan dengan kontak pengisi daya ponsel.

Gelombang listrik dapat terjadi hampir di mana saja dan kapan saja. Langkah untuk menghindari kecelakaan itu adalah tidak pernah menggunakan ponsel yang sedang terhubung dengan pengisi daya dinding. Karena kita tak dapat mengandalkan pengisi daya atau ponsel untuk mengisolasi lonjakan listrik yang besar.

Selain itu, akan lebih aman jika menggunakan perangkat ponsel yang memiliki sertifikasi keamanan. Banyaknya produk aftermarket yang dijual secara online atau bersertifikat palsu, perlu dikhawatirkan.

Jadi, pastikan telah mengecek keamanan perangkat Anda, jauhkan dari air atau bak mandi, dan hindari menggunakannya saat mengisi daya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya