Tokopedia Disuntik Rp15,8 Triliun, Bisnis Lokal Bakal Makin Berdaya

Kantor Tokopedia
Sumber :
  • Dokumen Tokopedia

VIVA – Tokopedia kembali mendapat suntikan investasi. Marketplace tersebut mendapatkan putaran pendanaan baru sebesar US$1,1 miliar atau Rp15,8 triliun. Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

Daftar Harga HP Infinix per 6 April 2024

Suntikan investasi baru itu akan dipakai Tokopedia untuk terus fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia. Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur yang akan memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

“Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital. Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) yang mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline," ujar Kepala Eksekutif dan salah satu pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu 12 Desember 2018. 

TikTok-Tokopedia Integration System Completed

Williom mengatakan, suntikan dana itu berarti bagi perusahaan. Dengan investasi itu, akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia, mengakselerasi terwujudnya misi besar perusahaan memeratakan ekonomi secara digital di Indonesia.

“Sejak didirikan, Tokopedia telah membantu jutaan UMKM Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok nusantara,” kata Senior Investor SoftBank Investment Advisers, dan Anggota Dewan Tokopedia, Lydia Jett. 

Integrasi TikTok Shop-Tokopedia Rampung, Kemendag Pastikan Awasi Ketat Transaksi

Lydia menuturkan, Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat. Dengan demikian, Tokopedia berada dalam posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. 

Tokopedia mendukung dan percaya kepada kekuatan wirausahawan lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan.

“Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia," ujar Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group, Kenny Ho.

Tokopedia kini sudah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia di lebih dari 17.000 pulau. Pada tahun ini, gross merchandise value (GMV) Tokopedia meningkat hingga empat kali lipat. 

Saat ini Tokopedia juga telah melakukan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) untuk 25 persen transaksi yang terjadi dalam platformnya. Tokopedia berkomitmen untuk melayani Indonesia dan akan bekerja dengan para mitranya untuk membangun teknologi dan infrastruktur terbaik demi membuka potensi dan peluang bagi ratusan juta pengguna di masa depan. (sar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya