Pencarian Favorit Pengguna Indonesia Sepanjang 2018 di Google Search

Dilan 1990.
Sumber :
  • Falcon Pictures

VIVA – Raksasa teknologi Amerika Serikat, Google, menyebutkan bahwa sepanjang tahun ini pencarian mengenai konten lokal di Google Search makin meningkat. Hal ini sudah diprediksi pada tahun sebelumnya.

Cara Menikmati Ramadhan Bersama Google

"Dari tahun 2017 kita sudah melihat minat masyarakat terhadap konten lokal atau karya asli anak Indonesia, tinggi," kata Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan, di Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018.

Dalam 15 besar trending Google Search selama 2018, terdapat nama-nama seperti Via Vallen, Asian Games 2018, Piala AFF 2018, Liga 1 Indonesia 2018, dan Dilan 2018. Untuk kategori lain, seperti Selebriti dan Peristiwa Nasional, juga didominasi oleh kejadian di Indonesia.

5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Geser Warkop DKI Reborn

Feliciana mengatakan bahwa konten popular itu bukanlah paling banyak tren dalam satu waktu. Tetapi juga dalam kurun waktu yang terus-menerus. "Jadi enggak cuma sekali trending saja, tapi sepanjang tahun," ungkapnya.

Sepanjang tahun ini juga Feliciana mengatakan bahwa peristiwa bencana alam sering dicari oleh pengguna di Indonesia. Alasannya, karena sepanjang 2018 banyak peristiwa terjadi seperti Gunung Merapi meletus, gempa Bumi, dan Tsunami di berbagai wilayah di Tanah Air.

Via Vallen Gelar Tasyakuran Hamil 4 Bulan, Ungkap Rasa Syukur

Selain itu, perceraian mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan pilpres 2019, juga masuk 15 besar sebagai pencarian terbanyak dalam peristiwa.

"Dilan 1990, selain kategori film, juga banyak dicari. Bersaing dengan film-film Hollywood seperti The Avengers, The Nun, dan Black Panther," papar Feliciana.

Pada kesempatan yang sama, Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumanti, memprediksi akan banyak dicari di Google Search terkait tokoh dan peristiwa nasional di tahun depan.

"Tahun depan, kan, ada pemilu. Legislatif, presiden dan wakil presiden. Jadi, pastinya pencairan tokoh dan peristiwa-peristiwa nasional yang terkait pasti tinggi," ungkap Mira.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya