Tak Hanya Soal Teknologi, Smart City Juga Butuh SDM

Ilustrasi smart city.
Sumber :
  • businesstoday.net.my

VIVA – Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas 2018 yang dicanangkan pemerintah tidak hanya menitikberatkan pada aspek teknologi informasi komunikasi (TIK) saja, namun juga memberi perhatian kepada sumber daya manusia.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Head of Business Development Internet of Things and Smart City, Hendra Sumiarsa, mengatakan bahwa smart city bukan sekadar kota yang mampu memenuhi kebutuhan warga, namun juga memberi kenyamanan.

"Smart city itu di mana pemerintahnya bisa mengelola dan memberikan pelayanan yang efektif, efisien, cepat dan murah," ujarnya di Tangerang, Banten, Jumat, 14 Desember 2018.

Jokowi Minta Bos Apple Bantu Pengembangan Smart City di IKN

Namun sayangnya, sampai saat ini belum ada standar smart city di Indonesia, karena masih dalam tahap penyusunan. Tolok ukur kota cerdas di Tanah Air selama ini masih mengacu pada pembangunan komunitas yang berkelanjutan. Menurut Hendra, standarisasi (SNI) tersebut akan terwujud dalam waktu dekat, yang mengadopsi standar internasional (ISO).

"Contoh konkretnya dalam kehidupan nyata itu adanya penambahan jumlah tenaga kerja, misalnya pemadam kebakaran, aparat Kepolisian atau tenaga medis," katanya.

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Ia kembali menegaskan bahwa smart city bukan hanya persoalan TIK saja. TIK hanya sebagai penghubung yang dibutuhkan untuk transformasi. Sementara esensinya sendiri ialah bagaimana kota bisa mengelola sumber daya secara efektif dan efisien. (mus)

[dok. Instagram @luhut.pandjaitan]

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Menurut Luhut Pemerintah China berencana menerapkan teknologi penanaman padi yang canggih di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024