Main Twitter, Awas Ada Trafik Mencurigakan dari China dan Arab Saudi

Kantor Pusat Twitter.
Sumber :
  • Instagram/@u_foma

VIVA – Kamu pengguna setia Twitter? Maka perlu menyimak informasi terbaru dan penting yang dirilis pengelola media sosial tersebut. 

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Twitter mengingatkan pengguna untuk hati-hati dengan trafik mencurigakan yang berasal dari China dan Arab Saudi. Twitter menemukan ada trafik mencurigakan itu saat menyelidiki celah keamanan yang membeberkan data pengguna. Celah keamanan itu telah diperbaiki pada 16 November lalu. Namun setelah itu, tim Twitter menemukan adanya aktivitas mencurigakan yang muncul dari dua negara tersebut. 

Dikutip dari BBC, Selasa 18 Desember 2018, Twitter mengatakan trafik mencurigakan itu memanfaatkan sebuah formulir bantuan kepada pengguna. Padahal ini adalah modus untuk menumpang dan membocorkan informasi pribadi pengguna. 

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Twitter menemukan, alamat IP kedua negara tersebut memenuhi trafik pada modus formulir bantuan tersebut. Dengan pola seperti itu, Twitter menduga kuat, yang beraksi di belakang ini adalah aktor atau peretas yang disponsori oleh negara. Namun Twitter belum bisa memastikan niatan atau maksud aktor berkedok negara itu beraksi di platform mereka.

"Kami terus melakukan apa yang diperlukan untuk keterbukaan dalam hal ini. Dan kami telah memperbaharui penegakan hukum atas temuan ini," ujar Twitter dalam keterangannya. 

Viral Isu Poligami, Berikut 5 Fakta Menarik Ustaz Hanan Attaki, Nomor 5 Bikin Terkejut

Untungnya, Twitter bergerak sigap. Media sosial ini menegaskan pengguna yang terdampak dari trafik mencurigakan ini telah mendapatkan informasi dari perusahaan. Tidak ada nomor telepon dan data personal lain yang terpapar. 

Meski dari sisi pengguna aman, namun tidak dengan kinerja perusahaan di lantai bursa. Kabar trafik mencurigakan dari dua negara itu mengoreksi nilai saham Twitter di lantai bursa. Pada awal pekan ini, saham Twitter jatuh hampir 7 persen. (ren)

Elon Musk.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Imbas dari merosotnya kekayaanya Elon Musk tersebut kini mengalami penurunan kekayaan dari daftar orang terkaya di dunia dari posisi sebelumnya kedua kini menjadi ketiga.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024