WhatsApp Android Sekarang Bisa Nonton Video Sambil Chatting

Mode Picture-in-Picture WhatsApp
Sumber :
  • Dok. Alika

VIVA – WhatsApp di Android akhirnya menyusul fitur yang telah lama ada di iOS, yaitu mode Picture-in-Picture (PiP).

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Setelah berbulan-bulan pengujian di versi beta, akhirnya pada Senin kemarin, 17 Desember 2018, mode PiP itu telah dirilis dan bisa di-update melalui Play Store.

Apa istimewanya PiP? Pada dasarnya ini adalah fitur yang membuat pengguna WhatsApp bisa menonton video sambil terus menjelajah halaman chatting. Video yang dimaksud ini adalah yang dikirimkan ke WhatsApp.

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Jadi, ketika pengguna memutar video itu, tampilannya berupa jendela kecil yang melayang di atas obrolan. Fitur ini juga bisa berfungsi dalam pesan grup maupun personal.

Akan tetapi, perlu dicatat, PiP WhatsApp hanya mendukung video yang ditautkan dari YouTube, Instagram, dan Facebook. Video yang diakses dari sumber lain tidak dapat dibuka menggunakan fitur ini.

Anggota Polisi yang Tembak Debt Collector Serahkan Diri ke Propam

Jika kamu ingin menjajal fitur PiP, coba minta kawan mengirimkan tautan link video dari tiga platform media sosial Facebook, YouTube, Instagram. Ketika mengetuk pesan itu, thumbnail menjadi kabur dan tayangan video berputar dalam ukuran jendela yang lebih kecil.

Menariknya, ukuran jendela video itu bisa kita ubah dengan diperkecil maupun diperbesar hingga sebesar layar. Dapat pula digeser ke atas dan ke bawah. Pembaruan ini tersedia di WhatsApp versi 2.18.280. Jika perangkat kamu menerapkan update otomatis, tak perlu meng-install kembali di Play Store.

Nah, selamat mencoba. (Sar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya