Awas, Diam-diam Meme di Twitter Potensi Berbahaya

Meme di Twitter
Sumber :
  • Tangkapan layar Twitter

VIVA – Pengguna Twitter sudah familiar dengan meme yang bertebaran di platform media sosial ini. Meme sifatnya menghibur sampai mengkritik dan menyindir.  Tak jarang meme di Twitter lucu dan kocak.

Difitnah Jadi Aktor Konspirasi Hasil Pilpres 2024, Qodari Bilang Begini

Tapi ada sisi lain dari sisi meme yang berbahaya dan mengharuskan pengguna berhati-hati. Peneliti keamanan Trend Micro menemukan, ada piranti lunak berbahaya (malware) jenis baru yang bersembunyi di balik meme di Twitter. 

Dikutip dari Techcrunch, Selasa 18 Desember 2018, peneliti menuturkan yang menarik adalah cara kerja malware meme memakai Twitter untuk berkomunikasi dengan pusat kendali mereka. Malware ini menguping komunikasi dari akun Twitter dan kemudian melancarkan aksinya. 

Netizen Bingung: Ini Tempat Pemilihan Umum atau Acara Pernikahan

Malware meme ini merupakan jenis malware kendali jarak jauh atau remore access trojan (RAT). Sesuai namanya, malware ini diam-diam masuk ke target dengan menginfeksi komputer yang punya celah keamanan. Kemudian malware ini mengambil tangkapan layar (screenshoot) dan menarik data dari sistem yang terdampak. Selanjutnya malware akan mengirim data itu ke server pusat kendali malware.

Dalam investigasi, peneliti Trend Micro menemukan, ada dua postingan yang menggunakan steganografi. Jadi peretas menggunakan steganografi untuk menyembunyikan perintah '/print' pada meme tertentu. Trik ini tak terlihat oleh pengguna atau sistem. 

Perbankan di Indonesia Harus Waspada Teror Coyote

Selanjutnya malware akan mengirim tangkapan layar ke server pusat kendali malware. Trik lainnya, malware ini menjalankan perintah '/processos' untuk mendapatkan kembali daftar aplikasi yang berjalan di perangkat pengguna. Kemudian ada '/clip' untuk mencuri konten clipboard pengguna, serta '/docs' untuk mendapatkan nama file dari folder khusus. 

Menurut analisis dan pelacakan dari peneliti VirusTotal, malware ini muncul pertama kali pada Oktober lalu dan sampai kini belum diketahui asal muasal serta siapa yang berada di balik malware ini. Selain itu, peneliti juga belum jelas apakah malware jenis ini akan dipakai lagi nanti di kemudian hari. (ali)

Ilustrasi pengguna Facebook.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Facebook dan Instagram Meta tampaknya mengalami masalah teknis yang meluas pada hari Selasa, 5 Maret 2024 dengan ribuan pengguna mengalami kegagalan saat mengakses medsos

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024