Google Assistant Bisa Prediksi Jadwal Pesawat yang Delay

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Google Assistant sekarang dapat memprediksi penundaan penerbangan (delay). Perusahaan Google mengumumkan layanan baru itu pada Senin, 17 Desember 2018.

Israel Serang Iran, Semua Penerbangan ke Teheran Ditangguhkan

Misalnya, Anda telah memesan tiket penerbangan. Sebelum sampai jadwal terbang, Asisten Google akan memberi tahu jika ada prediksi penundaan, beserta alasannya, apabila ia tahu sebab pemunduran jam terbang itu.

Dikutip dari CNET, 18 Desember 2018, untuk mendapatkan informasi penerbangan tersebut, pengguna juga dapat melalui mengirim pertanyaan suara pada Assistant, misalnya: "Hai Google, apakah penerbangan saya tepat waktu?" atau "Hai Google, bagaimana status penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Papua?"

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Perlu dicatat, layanan Asisten ini sifatnya prediksi, belum mutlak. Jadi, meski Asisten Google telah menghadirkan informasi prediksi delay, kemungkinan ia tetap akan menyarankan Anda untuk datang tepat waktu ke bandara.

Cara Google memprediksi delay didasarkan pada data penerbangan historis dan algoritma pembelajaran mesin. Google akan menunjukkan prediksi jika sistem pada komputer mempunyai 85 persen keyakinan soal penundaan penerbangan itu.

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang

Anda juga bisa melihat prediksi dengan menggunakan Google untuk mencari nomor penerbangan atau rute Anda. Layanan ini dihadirkan Google mengingat masa-masa liburan biasanya terjadi lonjakan trafik penerbangan.

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Ribuan jiwa dievakuasi imbas erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024