Penghargaan Kampus Hijau Terbaik di Dunia, UI Ranking Berapa Ya?

Kampus Universitas Indonesia/Ilustrasi.
Sumber :
  • Facebook.com/ui.ac.id

VIVA – Program penilaian aspek lingkungan kampus, UI GreenMetric World University Rankings 2018, mengumumkan Wageningen University & Research, Belanda, menjadi kampus hijau terbaik di dunia.

Kementerian PUPR Kenalkan Konsep Perkantoran yang Humanis dan Ramah Lingkungan

Disusul oleh University of Nottingham, Inggris di predikat kedua, dan University of California Davis, Amerika Serikat di urutan ketiga.

Lantas, berada di urutan ke berapakah Universitas Indonesia (UI) sendiri?

Pertama di Indonesia, UI Buka Prodi Subspesialis Orthopaedi

Data yang dihimpun menyebutkan, Wageningen University & Research memiliki keunggulan hampir pada seluruh kriteria di UI GreenMetric. Bahkan memperoleh nilai maksimal pada tiga kriteria, yaitu pengelolaan limbah, pengelolaan air, dan pendidikan.

Universitas Wageningen merupakan universitas pertanian dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya.

FTUI Berikan Penyuluhan Dampak Limbah Baterai Bekas

Sementara University of Nottingham menunjukkan keunggulannya pada kriteria energi dan perubahan iklim karena memiliki empat sumber energi terbarukan, yaitu Clean Biomass, Solar Cell, Geothermal, Combine Heat and Power dan pengelolaan smart-eco building yang sudah mencapai lebih dari 75 persen.

Selain itu, Nottingham juga memiliki keunggulan pada pengolahan air dan pendidikan. Sedangkan University of California Davis yang meraih peringkat ketiga karena memiliki jurusan environmental science yang bereputasi tinggi serta sangat berkomitmen kuat untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri.

Rektor UI Prof. M. Anis menerima penghargaan UI GreenMetric

Rektor UI Prof M. Anis (kiri) saat menerima penghargaan UI GreenMetric

Dari sederet universitas ternama luar negeri, UI sendiri ternyata berada di posisi ke-27. Namun demikian, UI tetap menjadi kampus hijau terbaik di dalam negeri. Ketua UI GreenMetric Prof Riri Fitri Sari tak menampik, beberapa persoalan yang dihadapi UI adalah sampah, infrastruktur dan pengelolaan transportasi.

“Masalah ranking itu tidak terlalu signifikan, namanya naik turun biasa. Indikator masih ke masalah sampah dan transportasi. Itu masih jadi pekerjaan keras kita dan jadi cermin di Indonesia. Di mana pengolahan sampah untuk menjadi standar dunia. Dan ini terus kita lakukan perbaikan untuk itu,” katanya pada wartawan, Rabu 19 Desember 2018.

Lebih lanjut Riri pun berharap, inovasi ataupun langkah yang dilakukan perguruan tinggi untuk menciptakan lingkungan nyaman dan asri nantinya bisa tertular di masyarakat luas. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya