Palapa Ring Paket Tengah Selesai, 23 Perusahaan Ingin Uji Coba

Update proyek Palapa Ring 2018
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Palapa Ring Paket Tengah sudah selesai dibangun. Ini menyusul Palapa Ring Paket Barat yang sudah selesai beberapa waktu lalu.

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

Paket Tengah ini melintasi 17 kabupaten dan kota di provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara. Titik yang dilewati merupakan jalur bebas gempa, dengan panjang jaringan kabel serat optik 2.995 kilometer.

"Proyek yang bernilai Rp1,38 triliun itu beroperasi memungkinkan akses kecepatan internet 4G sampai 30 Mbps," kata Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, dalam keterangannya, Sabtu 22 Desember 2018.

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

PT LEN Telekomunikasi Indonesia adalah perusahaan yang mengerjakan Palapa Ring paket tengah. Perusahaan itu mulai bekerja pada tanggal 4 Maret 2016.

Paket tengah telah siap untuk diujicobakan. Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) menyatakan, telah ada 23 perusahaan berminat untuk melakukan uji coba.

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

Palapa Ring sendiri memiliki tiga paket wilayah. Barat dan Tengah sudah selesai dibangun, sedangkan Paket Timur hingga saat ini telah rampung 88,14 persen.

Pembangunan ini dilakukan sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband dan untuk menghubungkan wilayah Indonesia dengan jaringan telekomunikasi.

"Selain menghubungkan seluruh Indonesia dalam jaringan telekomunikasi, pembangunan Palapa Ring ditujukan untuk mengikis gap layanan telekomunikasi di Pulau Jawa dengan daerah lain di Indonesia," ujar Ferdinandus. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya