Pascatsunami Selat Sunda, XL Axiata Sediakan Layanan Telepon Gratis

Kondisi Pantai Anyer dan Carita Pasca Tsunami.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk mendukung upaya pemulihan kondisi pascatsunami Selat Sunda. Untuk itu, mereka menyalurkan bantuan darurat untuk warga, serta menyediakan layanan telekomunikasi gratis.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

"Tim kami di lokasi bencana mulai menyalurkan bantuan darurat, termasuk secara khusus membebaskan layanan bagi pelanggan dan masyarakat di area terdampak bencana," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, dalam keterangannya, Selasa, 25 Desember 2018.

Bantuan yang telah tersalurkan antara lain bahan makanan, obat-obatan, tikar, selimut, dan alat mandi. Lokasi penyaluran di beberapa lokasi pengungsian, baik di sisi Banten maupun Lampung.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Sementara itu, bantuan dalam bentuk layanan telekomunikasi secara khusus berupa penempatan fasilitas telepon umum gratis (TUG), serta program pembebasan biaya untuk pemakaian layanan percakapan telepon, SMS, dan data.

Program ini berlaku untuk pelanggan nomor prabayar XL dan AXIS, dengan ketentuan sebagai berikut. Gratis nelepon 10 menit ditambah 100 SMS ke semua operator lain.

XL Axiata Lagi Semringah

Kemudian, gratis nelepon ditambah SMS unlimited ke sesama nomor XL atau AXIS, serta gratis kuota data 500MB. Sementara itu, Yessie mengungkapkan, tsunami tidak menyebabkan dampak yang serius terhadap infrastruktur jaringan XL Axiata.

"Tidak ada BTS maupun sarana pendukung jaringan yang mengalami kerusakan, baik di wilayah Banten maupun Lampung," jelas Yessie. Karena itu, layanan XL Axiata juga tetap beroperasi secara penuh hingga saat ini.

Meskipun demikian, tim teknis di lapangan tetap melakukan pengecekan atas semua infrastruktur untuk memastikan kondisi jaringan.

Di wilayah Banten, Yessie mengaku terdapat sekitar 500 BTS yang berada di area terlanda bencana, tersebar di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Serang.

Sementara itu, di sisi Lampung, terdapat sekitar 300 BTS yang masuk area Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Program layanan khusus ini berlaku mulai 25 Desember 2018 pukul 00.00 WIB.

Pelanggan di lokasi bencana yang hendak memanfaatkan keringanan ini bisa mengaktifkannya dengan cara yang mudah, yaitu tekan *505# di nomor XL atau AXIS. Layanan ini hanya berlaku di area Serang, Pandeglang, dan Bandar Lampung selama 2 hari, yaitu 25 dan 26 Desember 2018.

Bukan cuma itu. Yessie menuturkan XL Axiata juga memberikan layanan khusus bagi pelanggan layanan pascabayar XL Prioritas dalam rangka dukungan atas penanganan pascabencana.

"Pelanggan akan mendapatkan layanan tanpa bayar untuk akses data hingga sebesar 1GB, menelepon selama 60 menit dan kirim pesan 60 SMS ke semua operator. Program khusus ini berlaku selama 30 hari ke depan," jelas Yessie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya