5 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di 2019

Pemotretan hujan meteor Eta Aquarid di Gunung Bromo
Sumber :
  • www.justinngphoto.com

VIVA – Sepanjang tahun 2019 nanti, sederet peristiwa astronomi diprediksi akan menghiasi langit kita. Dimulai dengan gerhana bulan darah serigala pada 20 sampai 21 Januari, hujan meteor, dan bulan biru.

2 Gerhana di Ramadhan 2024 Tanda Datangnya Imam Mahdi? Ini Kata Buya Yahya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut detail informasinya.

1. Gerhana bulan darah serigala
Ada juga yang menyebut gerhana bulan darah super. Berlangsung pada 20 Januari pukul 21:36 waktu setempat hingga 21 Januari lewat tengah malam. Sayangnya zona waktu yang berlaku adalah Eastern Standard Time (EST), bersamaan dengan pagi hari di Indonesia sehingga penduduk RI kemungkinan tak dapat melihatnya.

Diklaim Presisi dalam Pengamatan Hilal, Maroko Sebut 1 Ramadhan 2024 Jatuh pada 12 Maret

Daerah yang bisa menyaksikannya, antara lain di seluruh Amerika Utara dan Selatan, serta bagian dari Eropa dan Afrika. Saat bulan melewati bayangan Bumi, kabarnya akan berubah warna menjadi oranye atau merah tua.

Gerhana ini menjadi satu-satunya gerhana bulan yang terjadi di 2019, dan baru akan terjadi lagi pada Mei 2021.

Deretan Fenomena Bulan Purnama Tahun Ini

2. Hujan meteor Eta Aquarid
Hujan meteor paling spektakuler diperkirakan terjadi pada 6-7 Mei 2019. Dilansir dari Fox8, fenomena alam itu terjadi ketika puing-puing dari Komet Halley melewati Bumi.

Bit kosmik tersebut dilaporkan terbakar di atmosfer Bumi, menghasilkan hujan meteor tahunan Eta Aquarid.

Penduduk di belahan Bumi utara akan melihat hingga 30 meteor per jam, sedangkan mereka di belahan Bumi selatan akan melihat hingga 60 meteor per jam.

3. Gerhana matahari total
Gerhana matahari total pertama sejak 2017 akan berlangsung 2 Juli. Sebagian besar gerhana ini akan terjadi di atas Samudra Pasifik, namun akan terlihat di beberapa bagian Chili dan Argentina. Belum ada informasi lebih detail mengenai daerah lain yang dapat menyaksikannya.

4. Hujan meteor Perseid
Hujan meteor Perseid akan mencapai puncaknya 2019 mendatang pada malam 12 Agustus hingga pagi hari 13 Agustus.

5. Jejak Merkurius melintasi matahari
Pada 11 November 2019 diprediksi ada peristiwa penyelarasan planet, ketika Merkurius menelusuri matahari.

Penjajaran ini akan terlihat di sebagian besar wilayah Bumi, tetapi hanya dengan peralatan yang tepat. Sebab, untuk menyaksikannya otomatis mata akan mengarah ke matahari di mana jika tanpa perlindungan akan mengakibatkan kerusakan mata permanen.

Biasanya Merkurius adalah planet yang sulit ditemukan di langit karena jaraknya yang dekat dengan matahari, namun ketika melewati langsung antara Bumi dan matahari pada bulan November, ia akan muncul sebagai titik hitam kecil di permukaan matahari. (Sar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya