Gabungan Teknologi GAN dan AI Ciptakan Manusia Fiktif

Teknologi Generative Adversarial Network (GAN) dan AI
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan seperti yang selama ini terlihat, agak aneh jika dimanfaatkan untuk video. Namun NVIDIA baru-baru ini merilis karya terbaru mereka mengenai teknologi tersebut.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Dilansir laman Ubergizmo, Selasa, 1 Januari 2019, video yang diunggah di platform YouTube sebenarnya bukanlah foto sungguhan, melainkan gambar yang dihasilkan AI. Video yang diunggah oleh kanal Tero Karras FI ini telah ditonton 50 ribu kali.

Rangkaian video ini tergabung menggunakan teknologi Generative Adversarial Network (GAN) dan AI, di mana para peneliti mampu membuat perpaduan wajah manusia, yang dapat diubah menjadi gambar yang sangat realistis dari gambar orang-orang yang sebenarnya tidak ada.

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

GAN mempelajari berbagai wajah manusia, kemudian memodelkan wajah-wajah baru berdasarkan apa yang telah sistem tersebut pelajari. Namun ternyata gambar tersebut terlihat begitu nyata.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Ironisnya lagi gambar ini terlihat lebih realistis dibanding model yang biasa kita lihat di sampul majalah, di mana foto tersebut telah mengalami berbagai editan. Foto dalam video di atas banyak mengandung ketidaksempurnaan jika diperhatikan lebih seksama.

Seperti janggut yang tidak rata, kerutan di sekitar mata, bintik-bintik, kulit bernoda dan lain sebagainya. Belum jelas kegunaan dari teknologi ini, namun yang jelas akan semakin sulit bagi kita untuk mempercayai apa yang terlihat di internet.

Kawah di puncak Gunung Ijen.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Diketahui korban berangkat ke kawah Ijen bersama rombongan lainnya dengan dibantu tur guide bernama Guswanto. Korban dan rombongan berangkat dari Paltuding ke Kawah Ijen.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024