Puncak Tahun Baru, Pelanggan Indosat Malas Telponan

Indosat Network Operation Centre (I-NOC).
Sumber :
  • Dokumen Indosat

VIVA – Indosat Ooredoo mencatat terdapat peningkatan trafik telekomunikasi yang signifikan pada jaringannya selama pergantian malam tahun baru 2018 menuju 2019. Puncak trafik terjadi pada malam pergantian tahun. 

Respons Gibran Soal Indosat dan Nvidia Akan Bangun Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan di Solo

Jaringan Indosat Ooredoo mencatat trafik layanan data meningkat menjadi sebesar 6.730 TeraBytes, atau meningkat sebesar 11,4 persen dibandingkan dengan trafik reguler hari biasa dan meningkat 71,7 persen dibanding trafik malam puncak tahun baru tahun sebelumnya. 

Kenaikan trafik telekomunikasi layanan data ini mencapai puncaknya sekitar pukul 19:00 hingga 02:00 pada 1 Januari 2019.

Akankah Terjadi Merger Lagi antar Operator Seluler di Indonesia?

Untuk wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini yakni berbagai daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan tahun baru, seperti Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo dan Pantai Losari Makassar.

“Tren penggunaan media sosial dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian tahun baru,” jelas Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk dalam keterangan tertulisnya, Rabu 2 Januari 2019.

Dua Komisaris Indosat Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 22,5 persen dibanding trafik reguler hari
biasa. Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, untuk trafik layanan suara mengalami
penurunan sebesar 16,2 persen dibanding trafik reguler hari biasa.

Turina mengatakan, dalam menyambut puncak liburan akhir tahun tersebut, Indosat menyediakan kapasitas jaringan sejak jauh-jauh hari. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan media sosial dan aplikasi digital lainnya.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau
37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 miliar SMS/hari dan
kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya