Banyak Hoax Pilpres dan Pileg 2019, Cek di Sini

Warga melakukan aksi teatrikal saat mengkampanyekan Gerakan Anti Hoax di Solo, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengidentifikasi 62 konten hoax yang tersebar di internet dan media sosial berkaitan dengan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden (Pileg dan Pilpres) 2019.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Berdasarkan hasil penelusuran dengan menggunakan Mesin Sensor Internet atau AIS oleh Sub Direktorat Pengendalian Konten Internet Direktorat Pengendalian Ditjen Aplikasi Informatika, teridentifikasi 18 kontan hoax pada Desember 2108.

Daftar hoax Pileg dan Pilpres 2019

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

"Bulan lalu yang terbanyak. Pada bulan Agustus 2018 ditemukan sebanyak 11 konten hoax, September terdapat 8 konten, Oktober mencapai 12 konten, dan November sekitar 13 konten," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, dalam keterangannya, Rabu, 2 Januari 2019.

Selama ini, ia melanjutkan, Kominfo merilis informasi mengenai klarifikasi dan konten yang terindikasi hoax melalui portal kominfo.go.id dan stophoax.id.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Daftar hoax Pileg dan Pilpres 2019

Ferdinandus mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pengecekan dan penyaringan dulu sebelum menyebarkan informasi yang belum dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. (ann)

Daftar hoax Pileg dan Pilpres 2019

Daftar hoax Pileg dan Pilpres 2019

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya