Unik, Penemuan Spesies Baru Dinamai Naga Game of Thrones

Daenerys Targaryen di serial Game of Thrones Season.
Sumber :
  • HBO Asia

VIVA – Game of Thrones merupakan serial drama fantasi Amerika yang cukup populer. Sejumlah karakter yang bermain di dalamnya bahkan menjadi inspirasi bagi penamaan bayi dan hewan peliharaan, seperti Khaleesi dan Arya.

UI Terima 2.105 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Tak hanya itu, belum lama ini ahli entomologi (disiplin ilmu yang mempelajari dunia serangga), Brett Ratcliffe, juga memberi nama bagi spesies baru dari karakter Game of Thrones.

Ratcliffe adalah profesor di Universitas Nebraska, Amerika Serikat. Seperti dilaporkan laman Mental Floss, 3 Januari 2019, ia telah menemukan delapan spesies kumbang, tiga di antaranya diberi nama yang berasal dari karakter Drogon, Rhaegal, dan Viserion, yaitu Gymnetis drogoni, Gymnetis rhaegali, Gymnetis viserioni.

Prabowo Ingin Segera Bangun Pabrik Ponsel di RI demi Jaga Kedaulatan Teknologi

Gymetis rhaegali
Begini Penampakan Beruang Hasil Perkawinan Silang Antarspesies

Ratcliffe menyatakan tujuannya memberi nama spesies dengan cara unik begitu, untuk menghindari kesan ilmuwan yang terlalu serius dan kaku. “Selama ini para ilmuwan terlalu menganggap serius diri mereka, dan pemberian nama tersebut adalah satu cara untuk menghindarinya,” tulis keterangan itu.

Gymentis drogoni

Alasan lainnya, Ratcliffe ingin lebih mudah memperkenalkan temuannya ke publik. "Ketika Anda membuat nama-nama seperti ini, Anda melakukannya untuk mendapat ketenaran dan membawa perhatian publik ke arah penemuan Anda," katanya.

Gymnetis viserioni

Masing-masing kumbang dilaporkan memiliki warna cenderung oranye. Kemungkinan karena itulah muncul inspirasi memberinya nama dari karakter naga, karena naga menyemburkan api dari mulutnya berwarna oranye.

Ratcliffe diketahui merupakan penggemar berat Game of Thrones, termasuk buku A Song of Ice and Fire karya George RR Martin, novel yang diadaptasi menjadi serial tersebut. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya