WhatsApp Bisa Dipakai Tarik Tunai tanpa Kartu ATM

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • latestly.com

VIVA – WhatsApp merupakan layanan pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia. Namun di masa depan nanti, sepertinya bukan hanya pesan yang akan difasilitasi pengirimannya, tapi juga uang. 

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

Belum lama ini, sistem mengirim uang dan menarik tunai melalui WhatsApp, baru saja diluncurkan oleh sebuah bank di Brazil, yakni Banco do Brasil. Perusahaan keuangan tersebut merupakan yang terbesar di Brazil dan memiliki aset di seluruh Amerika Latin. 

Seperti dilaporkan ZD Net, Senin, 14 Januari 2018, dengan layanan itu, nasabah dapat menikmati kemudahan tarik tunai di mesin ATM tanpa mengandalkan kartu. 

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Untuk memulai operasi, nasabah hanya perlu menambahkan nomor ke daftar kontak mereka dan meminta penarikan tunai tanpa kartu. 

Kemudian, chatbot yang telah diaktifkan, akan menanyakan jumlah uang yang diperlukan dan nasabah akan diminta PIN untuk mengonfirmasi operasi.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Setelah verifikasi, chatbot mengirim kode via pesan WhatsApp untuk diketikkan di mesin ATM. Penarikan uang tunai berdasarkan layanan WhatsApp saat ini masih dibatasi maksimal US$80. 

Menurut bank, layanan yang dilakukan melalui pesan WhatsApp ini aman karena jaminan enkripsi ujung ke ujung. 

Selain tarik tunai dan transfer uang, sistem juga menyediakan isi ulang seluler. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya