Samsung Bikin Toko Online, Mau Saingi E-Commerce?

Samsung resmikan online shop di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Situs samsung.com milik Samsung Electronics Indonesia yang telah dibangun sejak 2016, pada tahun lalu telah mendapat lebih dari 60 juta pengunjung. Dibanding 2017 pertumbuhannya naik lebih dari 12 persen. Trafik itu menandakan konsumen masih mengandalkan informasi di website sebelum membeli atau masih sekadar survei. 

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Kemudian 85 persen visitor setidaknya berkunjung sekali dalam sebulan. Pengunjung paling banyak datang dari Jakarta dengan persentase 60 persen, Jawa 33 persen dan wilayah lainnya 17 persen. 

Pengunjung yang masuk menggunakan smartphone Samsung angkanya mencapai 49 persen, PC 9 persen dan smartphone non-Samsung 42 persen. Melihat trafik yang lumayan tersebut, Samsung merilis platform belanja online untuk konsumen. 

Tim Cook Datang ke Indonesia Besok, Apple Turun Takhta

Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, Elvira Jakub mengatakan, perusahaan memahami gaya hidup masyarakat saat ini yang sudah fasih dalam berbelanja online, termasuk dalam produk gadget dan elektronik lainnya. 

"Untuk memberikan pengalaman belanja online yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan konsumen, Samsung Electronics Indonesia mempersembahkan Samsung.com Shop. Layanan ini akan memberi kemudahan konsumen dalam pembelian produk," ujarnya di Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Tidak hanya sebagai platform penjualan, situs ini juga menyediakan halaman khusus yang diisi dengan konten review hingga tips dan trik. Untuk tahap awal artikel akan berada di sekitar traveling, cooking, sport dan entertainment.

"Kita bukan hanya sekadar memberi kemudahan saat berbelanja, namun juga pengalaman lebih untuk konsumen dalam pencarian produk yang sesuai dengan minatnya," ujar Online Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, Sintara Nyotowijoyo.

Kelebihan berbelanja di Samsung.com Shop yakni adanya kemudahan pembayaran, bisa dicicil, gratis pengiriman, asuransi di luar garansi, dan bisa melacak saat barang dikirim.

Adanya platform pembayaran ini tidak membuat Samsung menutup penjualannya di e-commerce lain. Mereka hanya ingin memberi alternatif lain kepada konsumen. Sehingga mereka bisa memutuskan di mana akan melakukan pembelian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya