YouTube Akan Hapus Akun Video Prank dan Challenge Berbahaya

Suasana kantor YouTube
Sumber :
  • Instagram/@haronodin

VIVA – Sebagai situs media sosial berbasis video, YouTube banyak diakses warganet untuk mencari hiburan maupun informasi. YouTube, ibarat rumah besar bagi konten kreator untuk menyebarluaskan karya-karyanya.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Namun belakangan ini rupanya ada sejumlah video yang menjadi sorotan pihak YouTube, kemudian memicu lahirnya pedoman komunitas baru yang lebih ketat.

Video yang dimaksud itu adalah berisi konten yang tak pantas, menayangkan kengerian, dan berisiko menimbulkan bahaya. Misalnya, video prank dan permainan tantangan.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Sebelumnya YouTube memang telah memiliki pedoman kebijakan mengenai penayangan konten. Namun seiring dengan maraknya prank dan tantangan berbahaya, YouTube akhirnya lebih spesifik lagi mengumumkan aturan main bagi pembuat konten.

Dalam postingan di laman komunitas, YouTube mengatakan sekarang ini melarang tantangan yang menimbulkan risiko bahaya serius atau kematian.

TikToker Galih Loss Minta Maaf Usai Prank Teriaki Ojol Begal Motor Berujung Hujatan Netizen

Jika pengguna melanggar, pertama-tama akan ditegur. Apabila tidak menghapus konten yang melanggar, dan telah menerima teguran sebanyak tiga kali dalam 90 hari, maka akun akan dihapus oleh YouTube tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Salah satu dari banyak video berbahaya, yaitu Bird Box Challenge. Tantangan ini meminta pemain menutup mata dengan kain, kemudian melakukan misi tertentu, termasuk menyetir mobil. Inspirasi tantangan ini berawal dari film Bird Box yang tayang di Netflix.

Selain video prank dan tantangan berbahaya, pemilik akun yang akan menerima teguran adalah mereka yang menggunakan thumbnail dengan gambar pornografi dan mengandung unsur kekerasan. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya