Debat Pilpres Banjir Lebih dari 1,3 Juta Tweet

Ketua KPU Arief Budiman (tengah) bersama pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap mengikuti debat pertama Pilpres 20
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Debat pertama Pilpres pada Kamis malam 17 Januari 2019 turut mewarnai respons di Twitter. Platform ini mencatat banyak percakapan politik secara real time selama dan sesudah debat. Selama periode 10-16 Januari 2019, terdapat lebih dari 2,2 juta tweet atau cuitan yang tergabung dalam tagar #DebatPilpres2019.

Prabowo Sebut Masa Depan BUMN Tak Jelas, Jokowi: Silakan Cek Dividen

Untuk momen debat pertama itu menghasilkan 1,3 juta tweet, yang puncaknya terjadi pukul 22:00-23:00 WIB. Dalam satu jam itu pada momen puncak itu, cuitan yang dihasilkan warganet berjumlah 290 ribu tweet.

“Twitter membuktikan masih menjadi tempat di mana masyarakat bisa melakukan percakapan mengenai politik, membicarakan beragam isu nasional, hingga bisa menemukan informasi mengenai Pemilu 2019 dengan kata kunci atau tagar tertentu,” tulis Public Policy Lead Twitter Indonesia, Agung Yudhawiranata dalam keterangan tertulisnya, Jumat 18 Januari 2019.

BPN Tegaskan Pernyataan Prabowo Tidak Serang SBY

Selama debat pertama semalam, beberapa tagar silih berganti mewarnai lini masa. Adapun lima tagar populer selama momen kemarin, beberapa di antaranya yaitu #DebatPilpres2019, #JokowiAminMenangDebat, #PrabowoIndonesiaMenang, #Debat01Jokowi, dan #CurhatPilpres2019.

Melalui platform dengan lambang burung biru tersebut, pengguna mampu mendapatkan informasi untuk memperluas wawasan terkait kedua calon, juga mengajak pengguna berpikir kritis terkait program yang mereka canangkan.

CEK FAKTA: B20 Dapat Kurangi Impor Minyak

Bahkan Twitter juga memungkinkan interaksi antara kandidat dengan calon pemilih menjadi tak terbatas, mengingat pengguna dapat berkomunikasi dua arah dan berdiskusi dengan semua pengguna.

Twitter bisa dimanfaatkan sebagai media menonton debat secara langsung sehingga masyarakat mempunyai banyak pilihan. Untuk mengawal momen Pemilu 2019, masyarakat juga bisa memantau melalui akun Twitter @KPU_ID, @bawaslu_RI, @jokowi, @prabowo dan @sandiuno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya