Forward Pesan WhatsApp Maksimal 5 Kali, Kini Berlaku di Indonesia

VP Public Policy & Communications WhatsApp, Victoria Grand (kedua dari kiri)
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Untuk mengurangi dampak berita viral, WhatsApp membuat kebijakan pembatasan pesan yang bisa diteruskan atau forward. Mulai pekan ini, pengguna Indonesia hanya bisa mengirim pesan terusan ke lima kontak saja. 

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

"Update di Google mulai minggu ini. Ada kemungkinan per hari ini sudah berlaku," ujar Head of Public Affairs WhatsApp, Carl Woog, ditemui saat Press Circle: Election Integrity 'Pemuda Memilih' di Jakarta, Senin 21 Januari 2019. 

Batasan tersebut sebelumnya adalah 20 kontak untuk pesan terusan. Jumlah ini berlaku untuk seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Lima kontak untuk pesan terusan ini juga akan diberlakukan di seluruh dunia. Vice President Public Policy & Communications WhatsApp, Victoria Grand mengatakan, pembatasan persan terusan tersebut dilakukan setelah berdiskusi dengan sejumlah pihak. 

"Ini setelah berdiskusi dengan pemangku kepentingan di negara ini termasuk Kominfo. Inisiatif ini akan bawa hal positif dan keamanan di WhatsApp," kata Grand. 

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Pembatasan pesan terusan untuk lima kontak sudah berlaku di India sejak beberapa waktu lalu. Langkah ini dilakukan sebagai cara mempertahankan WhatsApp sebagai platform pesan pribadi dan bisa menekan banjir hoax yang melanda di Negeri Bollywood tersebut. Pemerintah India menginginkan WhatsApp bisa turun tangan mengurangi dampak viral dari pesan terusan ini. 

Grand mengatakan, pesan diteruskan ini masih ada di platform WhatsApp mengingat baru 90 persen digunakan untuk pesan pribadi. Fenomena pesan diteruskan menjadi sumber utama terjadi penyebaran berita palsu. 

"Dengan pembatasan ini jelas mempersulit orang yang kurang bertanggung jawab yang menjadi pesan menjadi viral," kata dia.

Update: Fitur pembatasan Forward Message hanya 5 kali ini akan berlaku mulai 22 Januari 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya