Gelar Kompetisi eSports, Ini Jadi Inspirasi Partai Pendukung Jokowi

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Diaz Hendropriyono.
Sumber :
  • VIVA/Dhana Kencana

VIVA – Tidak hanya mendirikan Departemen eSports yang membidik generasi milenial, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia atau PKPI juga akan menggelar kompetisi Road To Final Indonesian eSports Games (IEG) 2018-2019 pada 26-27 Januari mendatang.

Logitech G Pro X 60 Lightspeed, Dirancang Ringkas untuk Menang

Ketua Umum PKPI, Diaz Hendropriyono mengaku terinspirasi mendukung kreativitas anak muda, khususnya bidang games.

Tidak hanya kemajuan zaman, ia juga menilai ada banyak potensi yang mencakup didalamnya seperti para atlet eSports yang berbakat serta keseimbangan ekosistem bisnis yang saling menunjang.

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

"Ini menjadikan alternatif lain dalam membuka kesempatan lapangan kerja di Tanah Air. Kami tentunya sangat concern menampung inspirasi kaum muda dan komunitas. Kami ingin berkontribusi nyata memajukan eSports di Indonesia," kata Diaz di Jakarta, Selasa 22 Januari 2019.

Seperti diketahui, PKPI sedang memperjuangkan keinginan atlet eSports agar cabang olahraga ini diakui oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Hal ini agar memungkinkan eSports dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Jayapura, Papua.

Fans Turnamen Mobile eSports Ini Membludak, Ada Peran Indonesia

Bahkan, menurut Diaz, eSports bisa menjadi mata pencaharian profesional dan juga memberikan dampak positif lainnya, baik dari segi kreativitas maupun edukasi serta bisnis.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Divisi eSports PKPI, Yudi Kurniawan berharap, dengan berlangsungnya kompetisi yang memperebutkan hadiah sebesar Rp570 juta tersebut, bisa diikuti cabang olahraga eletronik layaknya eSports.

"Ke depannya, kami berencana untuk terus aktif mengadakan kompetisi eSports di berbagai daerah," ungkapnya.

Bahkan, beberapa aspirasi untuk mempertandingkan cabang game populer layaknya seperti Mobile Legend, PUBG, dan DOTA, juga disampaikan oleh para komunitas gamers kepada salah satu partai pendukung Jokowi itu.

“Rencananya, kami akan menggelar eSports kategori SMP, SMA, universitas dan komunitas, termasuk antarmedia,” papar Yudi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya