Bulan Salju Penuh dan Peristiwa Langit Sepanjang Februari 2019

Supermoon diamati dari Stasiun Antariksa Internasional
Sumber :
  • Twitter/@AstroKomrade

VIVA – Pertengahan Januari lalu, kita telah disuguhi peristiwa astronomi yang memukau berupa gerhana bulan darah serigala (super blood wolf moon). Meski Indonesia tak mengalaminya secara langsung karena sedang siang hari, animonya tetap terasa dari berbagai pemberitaan di media.

Gerhana Matahari Total Bakal Hadir di Indonesia, Cek Jadwalnya

Nah, gerhana bulan tersebut bukan satu-satunya fenomena alam yang terjadi pada 2019. Pada Februari nanti, juga ada beberapa peristiwa astronomi yang akan menyapa langit kita.

Seperti dilaporkan Mirror, salah satunya adalah supermoon alias bulan purnama terbesar. Berikut ini bocorannya.

Eropa Siapkan Proyek Gerhana Matahari Buatan, Buat Apa?

1. Bulan baru - 4 Februari
Pada malam 4 Februari, bulan akan terletak di sisi Bumi yang sama dengan matahari, membuatnya tidak terlihat di langit malam.

Untuk menyaksikannya, cobalah mengamati bulan pada pukul 21:00 GMT atau 04.00 WIB. Harap-harap pada waktu itu langit cerah tanpa mendung, ya.
 
2. Supermoon - 19 Februari
Supermoon disebut juga bulan purnama. Pada 19 Februari, permukaan bulan akan sepenuhnya diterangi matahari, karena posisinya yang berlawanan dari Bumi. Bulan juga tampak sedikit lebih besar dari biasanya karena ia berada pada posisi terdekatnya dengan planet kita.

5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Momen supermoon kali ini adalah yang kedua dari total tiga bulan purnama pada 2019, dan sering disebut sebagai Bulan Salju Penuh. Untuk menyaksikannya, lihatlah ke arah langit pada pukul 15.00 – 16.00 GMT atau 22.00 – 23.00 WIB.

3. 27 Februari - Planet Merkuri terlihat di langit malam
Peristiwa astronomi terakhir pada bulan Februari terjadi pada 27 Februari. Planet Merkurius akan tampak dari Bumi, karena sedang berada di titik terdekat dengan planet kita. Arahkan pandangan di langit barat setelah matahari terbenam, untuk menyaksikannya. (ann)

Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024