Palapa Ring Paket Timur Operasi Juli 2019

Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Anang Latif.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA – Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latif menegaskan, Palapa Ring paket timur siap beroperasi pada Juli 2019. Pembangunan infrastruktur selesai pada Juni dengan uji coba selama satu bulan.

Cara PTT Pastikan SDM Kawasan Timur Indonesia Siap Hadapi Kemajuan Industri Telko

"Jadi pembangunan lautnya sudah selesai tinggal menyelesaikan menara-menara. Sekitar 50 menara disiapkan karena lokasinya di pegunungan. Solusinya dengan helikopter," kata Anang di Jakarta, Rabu, 30 Januari 2019.

Mengenai isu keamanan di wilayah Indonesia Timur, ia mengaku selama pengerjaan timnya didampingi oleh aparat keamanan dari unsur TNI/Polri dan sejumlah badan usaha lainnya.

Tol Langit Satria-1 akan Lengkapi Kinerja Palapa Ring

Selain itu, pascainfrastruktur Palapa Ring selesai, BAKTI akan berkoordinasi dengan masing-masing kepala daerah, baik tingkat provinsi hingga kabupaten/kota. Anang mengingatkan untuk internet cepat hasil Palapa Ring bisa digunakan untuk hal-hal yang positif.

"Terus, kami juga wanti-wanti (mengingatkan) kalau internet hadir tolong, ya, nanti pihak-pihak mewasapadai kemungkinan dipakai untuk yang negatif justru mengancam keamanan negara," kata dia.

Pesan Mahfud MD ke Pejabat Eselon I Kominfo: Tak Usah Gelisah, Tenang Saja

Sebelumnya, sejumlah anggota Komisi I DPR mengkhawatirkan internet cepat yang disediakan Palapa Ring, khususnya untuk wilayah Paket Timur, oleh Organisasi Separatis Papua Merdeka.

Kekhawatiran ini diutarakan saat Rapat Dengar Pendapat antara Komisi I DPR dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, beberapa waktu lalu.

Sidang kasus korupsi BTS di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

Jaksa awalnya menyinggung percakapan dalam grup WhatsApp soal proyek Palapa Ring kepada terdakwa korupsi BTS Irwan, dan setoran ke oknum BPK berinisial AQ

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2023