Bukalapak dan ITB Resmikan Lab AI, Kenali Karakteristik Pengguna

Peresmian Bukalapak-ITB Artificial Intelligence and Cloud Computing.
Sumber :
  • Dok. Bukalapak

VIVA – Perusahaan teknologi asal Indonesia, Bukalapak bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan laboratorium riset bidang kecerdasan buatan dan komputasi awan, di Bandung, Jumat, 1 Februari 2019.

Ex President Barack Obama Makes Surprise Visits to PM Rishi Sunak

Laboratorium itu diberi nama Bukalapak-ITB Artificial Intelligence and Cloud Computing Innovation Center, yang akan menjadi wadah bagi mahasiswa, dosen, dan peneliti Indonesia yang melakukan penelitian di bidang AI dan komputasi awan.

Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, dalam keterangan tertulis mengatakan, Bukalapak merupakan unicorn pertama yang mendirikan innovation center untuk riset dan pengembangan.

Seniman Spanyol Bakal Nikah dengan Hologram, Pertama di Dunia dan Ini Alasannya

Tantangan yang dihadapi untuk saat ini adalah bagaimana mencari talenta di bidang AI yang dapat berkontribusi untuk Indonesia.

"AI menjadi teknologi yang berkaitan erat dengan revolusi industri 4.0. Bukalapak dan ITB menaruh perhatian yang sangat tinggi terhadap kemajuan industri ini," kata Zaky, Jumat, 1 Februari 2019.

Viral Pria Meditasi Yoga Saat Badai Salju Terjadi, Warga Ributkan Hal Ini

Menurut Zacky, AI memiliki peran yang cukup signifikan untuk perkembangan industri dan kegiatan operasional perusahaan di masa mendatang.

Saat ini teknologi AI telah berkontribusi banyak dalam bisnis e-commerce, khususnya di Bukalapak dalam membantu meningkatkan performa bisnis.

Di perusahaan Bukalapak, AI dapat membantu mengenali karakteristik pengguna yang sering berkunjung ke situs maupun aplikasi, termasuk memberikan rekomendasi produk yang mereka butuhkan.

Berkat AI kini tim customer service juga dapat menyelesaikan keluhan pelanggan dengan cepat, dan dapat mencegah terjadinya penipuan. Sementara itu, ITB sebagai perguruan tinggi berbasis inovasi dan kewirausahaan menyambut baik kolaborasi ini.

“Kami menyambut baik ajakan kerja sama dari Bukalapak. Hal ini sejalan dengan tujuan ITB untuk menjadi Entrepreneurial University. Semoga kerja sama ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan bangsa di bidang teknologi dan inovasi kewirausahaan,” ujar Rektor Institut Teknologi Bandung, Kadarsah Suryadi. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya