5 Kiat Main Instagram Tanpa Takut Kena Stalking

Instagram.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Baru saja kita memperingati Hari Internet Aman Sedunia pada Selasa, 5 Februari 2019. Tema kali ini yang diangkat ialah Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik.

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Instagram sebagai bagian dari platform yang memanfaatkan internet juga turut berpartisipasi dengan merilis pedoman agar penggunanya senantiasa aman.

Berdasarkan keterangan tertulis pada Rabu, 6 Februari 2019, Instagram membagikan beberapa tips aman yang bisa dimanfaatkan pengguna. Berikut ulasannya.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

1. Segera laporkan postingan yang melanggar
Jika pengguna menemukan suatu konten yang melanggar ketentuan platform, akan ada tim yang senantiasa bertugas untuk mengamankan konten Instagram, meninjau, lalu menghapusnya. Cara melaporkannya pun mudah, cukup klik titik tiga di kanan atas feed, dan pilih laporkan.

Tidak hanya postingan, pengguna juga berhak melaporkan komentar yang dinilai tidak pantas. Caranya dengan menggeser komentar ke arah kiri. Kemudian jika ingin melaporkan konten yang ada di IGTV, klik titik tiga yang ada di bawah layar.

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

2. Pengguna memiliki hak privasi
Guna menghindari stalker atau penguntit, pengguna bisa mengatur akun Instagram menjadi tertutup. Caranya dengan masuk ke menu privasi dan keamanan. Dalam pengaturan tersebut mereka juga bisa menyembunyikan aktivitas online.

Untuk mengontrol siapa saja yang dapat melihat stories, pengguna dapat membagikannya ke list teman dekat yang dapat dibuat di bagian menu, kemudian pilih opsi teman dekat. Tidak hanya stories, fitur teman dekat bisa juga dimanfaatkan untuk membagikan postingan di feed.

3. Gunakan autentikasi dua faktor
Untuk menghindarkan akun dari peretasan, pengguna harus memiliki kata sandi yang kuat. Password yang kuat itu terdiri dari enam karakter dengan kombinasi angka, huruf, dan tanda baca. Kemudian gunakan autentikasi dua faktor dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

4. Mengatur waktu saat berada di Instagram
Keamanan bukan hanya bicara mengenai bagaimana pengguna melindungi diri dan akunnya, namun juga seberapa lama mereka tenggelam di dalam platform.

Untuk menghindari perilaku yang berlebihan selama berselancar di Instagram, pengguna bisa mengakses menu aktivitas Anda.

Menu tersebut akan memberitahu pengguna tentang berapa lama mereka berada di Instagram dalam sehari. Pengguna juga dapat mengatur peringatan jika sudah melampaui waktu normal.

5. Lindungi orang lain
Instagram juga mengajak penggunanya untuk bisa peduli terhadap pengguna lain. Mereka bisa melaporkan orang-orang yang mengancam ingin bunuh diri atau melukai diri sendiri. Caranya, pilih opsi 'melukai diri sendiri' di dalam menu pelaporan, kemudian mereka akan dihubungkan dengan sumber bantuan.

Fitur ini juga akan bekerja ketika ada seseorang yang mencari konten yang berhubungan dengan melukai diri.

Perusahaan telah bekerjasama dengan 40 komunitas yang akan membantu pengguna yang membutuhkan pertolongan. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya