Kamu Stres? Coba Curhat dan Meditasi Gratis di Aplikasi Ini

Ilustrasi depresi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tak perlu malu mengakui jika kita sedang stres maupun depresi. Setidaknya pada diri sendiri.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Menurut pakar kesadaran batin, Adjie Santosoputro, dikutip dari situs Great Mind: "Luka hati adalah juga sarana untuk bertumbuh yang perlu diterima sebagai bagian perjalanan jiwa kita".

Dengan menyadari bahwa diri kita sedang mengalami gangguan kesehatan mental, itu bisa menjadi langkah awal untuk mengupayakan pertolongan.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Di Indonesia, masalah mengenai kesehatan jiwa bukan barang langka. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan, prevalensi gangguan mental emosional, yang ditunjukkan dengan gejala depresi dan kecemasan pada usia 15 tahun ke atas, mencapai 14 juta orang atau 6 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

Timbulnya konsekuensi stres itu bisa karena beragam faktor. Tinggal di kota besar seperti Jakarta, salah satunya. Ritme aktivitas yang serba cepat, tingkat polusi, transportasi publik, dan kemacetan adalah deretan pemicu yang membuat penduduk suatu kota lekat dengan stres.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Survei Zipjet pada 2017 membuat ranking yang mengurutkan kota-kota di dunia dengan tingkat stres tertinggi. Rupanya, Jakarta bertengger di peringkat 18.

Alasan yang menyertai Jakarta mendapat nilai tinggi tingkat stres, di antaranya mencakup kepadatan kota, transportasi publik, kemacetan, ruang hijau, kesehatan fisik, hingga kesetaraan dan tolerasi sesama.

Bicara soal solusi stres dan depresi, berbagi cerita dengan orang terdekat yang dipercaya bisa meringankan kegusaran pikiran. Namun pada kasus tertentu, ada individu yang membutuhkan pertolongan ahli kejiwaan.

Di era digital yang segala sesuatu bisa diperoleh dalam genggaman, aplikasi konseling kesehatan mental juga sudah bermunculan. Aplikasi Riliv, salah satunya.

Riliv adalah aplikasi curhat yang menghubungkan pengguna dengan psikolog profesional secara anonim dan pribadi. Pantauan VIVA di Play Store, 7 Februari 2019, Riliv sudah diunduh lebih dari 100.000 kali.

Sebanyak 2.841 pengguna memberikan nilai dengan rata-rata 4,1 bintang dari 5. Mayoritas review membubuhkan 5 bintang, yakni dari 1.736 pengguna.

Sebelum terhubung dengan psikolog, Riliv menawarkan beberapa paket mulai Rp77 ribu per sesi. Selain itu, tersedia juga fitur layanan meditasi yang bisa diikuti secara gratis. Caranya hanya tinggal mengakses aplikasi, pilih fitur meditasi, kemudian ikuti arahan suara.

Meditasi dilakukan sebagai sarana penyembuhan bagi gangguan mental dengan mendorong individu beristirahat sejenak dari kehidupan sehari-hari hanya untuk bernapas dan fokus. Meditasi juga dimaksudkan untuk membantu kita agar tidak sepenuhnya terbebani oleh stres dan kecemasan.

Di Riliv,terdapat tiga pilihan meditasi yang disesuaikan dengan kebutuhan, yakni meditasi fundamental, gangguan tidur, dan mengatasi depresi. Namun, dua yang terakhir itu masih dalam tahap pengembangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya