Tiket Jalan-jalan ke Planet Mars Dijual Rp1,4 Miliar, Pulangnya Gratis

Desain apartemen di planet Mars
Sumber :
  • Natgeo

VIVA – Perusahaan penerbangan yang dipimpin Elon Musk, SpaceX, menjual tiket perjalanan ke Planet Mars dengan harga US$100 ribu atau setara Rp1,4 miliar. Siapa pun yang bersedia membayar, nantinya akan mendapatkan pengalaman perjalanan ke Planet Merah itu.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Kabar tersebut mengutip dari laman Mirror, 11 Februari 2019. Tak hanya mengirim orang ke planet tetangga, Musk bahkan mengatakan tak perlu khawatir dengan proses kembali ke Bumi. Perusahaannya akan memberikan penerbangan bebas biaya. Seperti dinyatakan dalam cuitan di Twitter:

Astronot Muslim yang Sudah Mencicipi Luar Angkasa, Ada Sultan Beneran

Musk mengatakan bahwa bagi kalangan ekonomi mampu, mungkin bersedia menjual rumah di Bumi untuk pindah ke Mars.

Saat ini, SpaceX dikabarkan sedang gencar mengampanyekan penerbangan yang membawa manusia ke planet Mars. Untuk memuluskan misinya itu, perusahaan juga telah mengembangkan roket Starship.

Kain Kafan Sutra Dipakai untuk Bungkus Jenazah di Luar Angkasa

Lebih jauh lagi, tak sekadar mengirim manusia, mereka juga telah memikirkan konsep tempat tinggal. Langkah ini dimulai dari menyediakan bahan material atau barang-barang yang diperlukan untuk membangun habitat manusia di sana.

Material-material itu akan dirakit oleh robot. Sehingga saat manusia pertama tiba, mereka sudah memiliki tempat untuk dihuni. Tahun lalu, Musk menanggapi pertanyaan seorang artis tentang SpaceX Mars Base Alpha di media sosial Twitter.

Ia lantas menjawab bahwa pangkalan itu mungkin akan dibangun pada 2028 mendatang, artinya sekitar sembilan tahun lagi. Dengan begitu, pada masa awal manusia tinggal di Mars, kebutuhan dasarnya akan tercukupi.

"Manusia pertama di Mars akan memiliki pangkalan untuk membuat propelan, kemudian mendapat listrik, tempat untuk menanam tanaman dan semua layanan dasar lainnya, yang jika tidak ada, tidak akan dapat membuat manusia bertahan hidup," kata Musk. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya