Perang Tagar, Kubu 02 Mulai Tinggalkan #2019GantiPresiden

Perang hashtag #2019GantiPresiden vs #Jokowi2Periode.
Sumber :
  • Dokumen Drone Emprit

VIVA – Mendekati pencoblosan pada 17 April nanti, perang tanda pagar masing-masing kubu pasangan capres dan cawapres masih menghiasi Twitter.

Survei PWS: Kepuasan Rakyat Terhadap Kinerja Jokowi-Maruf Turun

Namun, pada akhir Januari sampai awal Februari 2019, pemantauan analisis media sosial Drone Emprit menunjukkan, ada perubahan siasat perang tagar dari kubu pasangan 02. 

Pasukan kubu 02 tidak lagi fokus pada tagar utama, yakni #2019GantiPresiden. Mereka lebih giat memopulerkan tagar-tagar tematik untuk makin mendongkrak elektabilitas Prabowo dan Sandiaga Uno. 

Survei SMRC: Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun Jadi 68,5 Persen

"Kebanyakan tagar yang diangkat merupakan respons atau kapitalisasi dari peristiwa yang muncul saat itu," jelas Analis media sosial Drone Emprit, Ismail Fahmi dikutip dari akun Facebook-nya, Selasa 12 Februari 2019. 

Ismail menyebutkan, beberapa tagar yang dimainkan yakni AhmadDhaniKorbanRezim, #KyaiMaimoenDoakanPrabowo, #SaveRockyGerung, #YangGajiKamuSiapa, #DemokrasiTerancam, #TributeToAhmadDhani, #RomiMakelarDoa, #JubirFitnahUmat, #MenteriHarusNetral dan lainnya. 

Buka Bersama, Sekjen Parpol Pendukung Jokowi-Maruf Harap Makin Solid

Siasat lain dari kubu 02 untuk memopulerkan nama Prabowo dan Sandiaga yakni dengan menggunakan tagar lokasi daerah yang dikunjungi pasangan yang diusung Partai Gerindra, PAN, PKS dan Partai Demokrat.

Ismail menunjukkan, kubu 02 menggunakan tagar seperti #NTBPilihPrabowoSandi, #SulselPilihPrabowoSandi,#MalukuPilihPrabowoSandi, #BaliMemilihPrabowoSandi, #PapuaMemilihPrabowoSandi, #AcehCoblosPrabowoSandi, dan #BantenMemilihPrabowoSandi.

Tagar pendongkrak Jokowi

Berbeda dengan kubu 02 yang fokus pada tagar tematik, Ismail menuliskan, pasukan kubu 01 tetap fokus memopulerkan tagar utama mereka. Tak heran, tagar utama ini kerap memenangi puncak trending topik di Twitter. 

Tagar utama yang terus dimainkan kubu 01 pada periode ini yakni #JokowiMembangunDesa, #01IndonesiaMaju, #01JokowiLagi, #JokowiKHMakrufAminMenang2019, #2019JokowiKyaiMaruf, #2019TetapJokowi.

Ismail menyoroti soal tagar #JokowiMembangunDesa. Tagar ini termasuk paling besar kontribusinya dalam menaikkan popularitas Jokowi. Hal ini terlihat dalam peta analisis media sosial Drone Emprit. Tagar ini melahirkan satu kluster percakapan secara khusus. 

Selain tagar utama, kubu 01 berusaha mendongkrak popularitas Jokowi dengan melambungkan tagar dukungan dari tokoh parpol pengusung, misalnya  #PakJKDukungJokowi, #AirlanggaMenangkanJokowi, #SuryaPalohMenangkanJokowi, #DiazMenangkanJokowi, #HTMenangkanJokowi, #OsoMenangkanJokowi, #RomahurmuziyMenangkanJokowi, #cakiminmenangkanjokowi.

Kubu pasangan Jokowi dan Maruf Amin tak ketinggalan untuk melahirkan tagar seputar pribadi Jokowi melalui #JokowiOrangBaik, #jokowilebihbaik, #01Cintakeluarga, #IbuNegaraAsyik, #SiapKawalEthes, #BanggaCucuJokowi, #JanEthesBikinSayang.

"Dalam periode ini, pribadi Jokowi, keluarga, dan cucu yang baik menjadi topik tagar tersendiri untuk menaikkan popularitas dan favorabilitas," tutur Ismail. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya