Deretan Misteri Alam yang Belum Terpecahkan oleh Sains

Paus bungkuk
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA – Ilmu pengetahuan dan teknologi boleh jadi telah membawa kemajuan bagi peradaban umat manusia. Termasuk di dalamnya mencapai penjelajahan luar angkasa, hingga memecahkan teka-teki piramida Mesir.

Mengungkap Misteri Kelahiran Damien dalam Film The First Omen

Namun demikian, masih banyak fenomena alam yang belum dapat dijelaskan oleh sains. Para ilmuwan berusaha meneliti untuk memperoleh penjelasan, namun hasilnya hanya sampai tahap teori, alias belum mencapai jawaban pasti.

Berikut ini sembilan misteri alam yang masih belum terjawab oleh sains.

UI Terima 2.105 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

1. Mengapa orang menguap


Menguap adalah sesuatu yang mungkin Anda lakukan setiap hari. Tetapi para ilmuwan masih belum mengerti mengapa itu bisa terjadi.

Misteri Terpecahkan Setelah Penyelam Guernsey Menemukan U-boat Jerman yang hilang

Mengutip dari Science Alert, baru-baru ini, komunitas ilmiah memiliki gagasan bahwa menguap adalah perilaku termoregulasi yang mendinginkan otak, tetapi fungsi biologis sejatinya masih belum jelas.

Terlebih lagi, para ilmuwan juga belum menemukan jawaban mengapa menguap menular di antara orang-orang.

2. Jamur Chorioactis geaster hanya tumbuh di Texas dan Jepang
Chorioactis geaster adalah satu-satunya spesies jamur dalam genus Chorioactis, dan hanya ditemukan di Texas dan Jepang.

Kedua lokasi itu berada pada garis lintang yang sama, tetapi ahli mikologi belum dapat mengetahui mengapa jamur ini hanya tumbuh di dua titik ini.

3. Kutub utara Saturnus berputar-putar berbentuk badai segi enam
Di kutub utara Saturnus, ada sistem cuaca dalam bentuk aneh segi enam. Badai itu difoto dan diamati selama bertahun-tahun oleh pesawat ruang angkasa NASA Cassini, tetapi tetap misterius.

4. Paus bungkuk berubah sifat dari makhluk individual menjadi berkelompok
Paus bungkuk biasanya menyendiri, tetapi mereka mulai bergabung dalam kelompok yang beranggotakan 20 hingga 200 ekor di lepas pantai Afrika Selatan selama beberapa tahun terakhir. Hal itu menurut studi tahun 2017 dari University of Pretoria.

Ilmuwan kelautan tidak yakin mengapa sifat makhluk purba ini telah berubah. Ada yang berspekulasi karena populasi yang meningkat.

5. Pohon-pohon melengkung di Hutan Menari di Rusia
Hutan di daerah Kaliningrad ini dijuluki 'Hutan Menari' karena banyak terdapat pohon pinus yang melengkung menjadi bentuk spiral, cincin, dan konfigurasi lainnya.

Mereka ditanam pada 1960-an dan merupakan satu-satunya spesies pohon yang menunjukkan perilaku tersebut.

Menurut Atlas Obscura, beberapa teori menyebutkan penyebabnya adalah angin ekstrem, tanah yang tidak stabil, dan gangguan ulat bulu. Penduduk setempat menyebutnya "Hutan Drunken".

6. Mengapa kucing mendengkur

Ilustrasi kucing.
Para ilmuwan memahami bagaimana kucing mendengkur, tetapi mereka masih tidak yakin mengapa mereka melakukannya.

Alasan kucing mendengkur masih diperdebatkan. Satu hipotesis menyebutkan, mendengkur mendorong pertumbuhan tulang karena frekuensi getaran menyebabkan tulang mengeras sebagai respons terhadap tekanan.

Sumber: Science Alert

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya