Admin Grup WhatsApp Tak Bisa Seenaknya Lagi, Wajib Minta Izin Pengguna

Suasana kantor WhatsApp
Sumber :
  • Instagram/@whatsapp

VIVA – Beberapa pengguna WhatsApp kadang terusik tiba-tiba dimasukkan ke dalam WhatsApp grup tanpa izin terlebih dahulu apakah berkenan bergabung atau tidak. Kalau sudah begini, rasanya jengkel atau malas untuk terlibat dalam grup yang belum jelas asal usulnya.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Rasa jengkel itu bakal terobati dengan hadirnya fitur Group Invitation System. Dengan fitur ini, nantinya admin tidak bisa lagi sembarangan memasukkan pengguna ke dalam grup WhatsApp.

Admin harus mendapatkan persetujuan atau tidak kepada pengguna yang akan ditambahkan ke dalam grup WhatsApp. 

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Dikutip dari laman WABetaInfo, Rabu 13 Februari 2019, fitur anyar itu saat ini belum tersedia, namun laman tersebut membocorkan, Group Invitation System itu bakal tersedia pada update beta iOS WhatsApp ke depannya.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna WhatsApp di iOS bisa mengakse ke menu Pengaturan kemudian pilih Akun, selanjutnya pilih Privasi dan ketuk Grup. 

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Pada halaman ini, pengguna mendapatkan beberapa opsi izin untuk dimasukkan ke dalam grup WhatsApp. Opsinya yakni Everyone, My Contacts dan Nobody. 

Opsi Everyone, artinya kamu membolehkan siapapun menambahkanmu dalam grup WhatsApp tanpa perlu izin darimu.

Sedangkan opsi My Contacts, artinya cuma kontak yang ada di smartphone yang bisa menambahkan kamu ke dalam grup WhatsApp.

Dalam opsi ini, kamu akan menerima undangan untuk masuk ke dalam grup. Admin sebuah grup harus mendapatkan izin darimu untuk dimasukkan ke dalam grup. Pada opsi ini muncul dua tombol apakah Terima atau Tolak. Pengguna bisa memilih sesuai kenyamanan.  

Fitur Group Invitation System WhatsApp di iOS

WhatsApp memberikan waktu 72 jam sejak undangan masuk ke grup. Jadi jika lewat dari tenggat tersebut belum memutuskan menerima atau tidak, maka kamu tidak masuk dalam grup tersebut dan harus menunggu untuk mendapatkan undangan berikutnya.

Jika kamu memilih opsi Nobody, artinya kamu tidak bisa dipaksa masuk ke dalam grup WhatsApp. WABetaInfo memandang opsi ini paling ideal untuk menjaga kenyamanan pengguna, sebab dengan memilih opsi ini pengguna bakal menerima tiap undangan masuk ke dalam grup, dan admin harus mendapatkan izin dari pengguna. Tanpa izin, admin tidak bisa memasukkan ke dalam grup. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya