Melihat Gerak Cepat Tagar #Uninstalljokowi

Perang tagar Bukalapak.
Sumber :
  • Twitter/@mpuanon

VIVA – Selama hampir seharian ini perang tagar tersaji di Twitter. Gara-garanya adalah postingan Pendiri dan Kepala Eksekutif Bukalapak, Achmad Zaky soal alokasi dana riset dan pengembangan di era industri 4.0. Dalam postingan itu, bos Bukalapak itu menyinggung harapannya pada presiden baru.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Postingan itu mendapat respons warganet dengan tagar #Uninstallbukalapak, sebagai kekecewaan terhadap bos Bukalapak yang dinilai sebagian warganet tidak netral. Frasa 'presiden baru' dituding merupakan dukungan Zaky kepada capres 02.

Namun warganet terbelah, tagar #Uninstallbukalapak dijawab dengan tagar #Dukungbukalapak. Tagar ini digaungkan warganet yang membela postingan Zaky. Postingan itu dinilai tidak ada masalah dan netral saja.

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

Data analisis percakapan media sosial Drone Emprit yang beberkan Ismail Fahmi menunjukkan, perang #Uninstallbukalapak dan #Dukungbukalapak tersaji sejak Jumat dini hari 15 Februari 2019 sampai Jumat jelang siang.

Menariknya di tengah perang dua tagar tersebut, pada Jumat pagi muncul tagar #Uninstalljokowi. Warganet yang menggunakan tagar ini rata-rata menyuarakan kekecewaan dengan kinerja Jokowi, buntut antitesa dari perlawanan terhadap #Uninstallbukalapak.

Sosok Jenderal Termuda di TNI, Ternyata Lulusan Akmil 1999 dan Berusia 47 Tahun

Belakangan pada Jumat siang, justru tagar #Uninstalljokowi malah menyodok di puncak tren topik Twitter, sedangkan dua tagar lainnya terlempar dari daftar trending topic, yang diisi dengan tagar seputar Prabowo dan Jumatan. 

Data Drone Emprit menunjukkan gerak #Uninstalljokowi sempat memuncak pada jelang siang dengan kekuatan 4,1 ribu mention per jamnya. Kekuatan ini masih kalah dengan #Uninstallbukalapak yang turun dengan 5,7 ribu mention dan #Dukungbukalapak jelang siang masih berjaya dengan 8,1 ribu per jamnya.

Pada saat momen Jumatan, perang tagar di Twitter mengendur. Tapi data Drone Emprit, tagar #Uninstalljokowi malah terus bergerak saat Jumatan, total mention tagar ini pada momen muslim beribadah  dan setelahnya mencapai 4,6 ribu mention per jam, reply 3,8 ribu per jam dan retweet 13,8 ribu per jam.

Pemantauan Drone Emprit mendeteksi, tagar #Dukungbukalapak bergairah kembali usai Jumatan. Tagar ini naik mengalahkan #Uninstalbukalapak.

Malahan #uninstalljokowi selepas Jumatan memuncaki trending topic Twitter dunia dengan angka mention yang terus naik. Saat berita ini dibuat, tagar ini sudah mencapai 41,9 ribu mention.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya