Enggak Kuat Push-up 10 Kali, Kamu Ada 'Bakat' Penyakit Jantung

Ilustrasi push up di kantor
Sumber :
  • VIVA/Maya Sofia

VIVA – Ada kabar baik jika Anda mampu melakukan push up lebih dari 40 kali. Hal itu berarti, Anda relatif aman dari risiko yang signifikan terhadap masalah kesehatan jantung.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Dilansir dari Mashable, para peneliti dari Universitas Harvard mengatakan bahwa melakukan lebih dari 40 push-up secara teratur mengurangi risiko penyakit jantung hingga lebih dari 96 persen.

Menurut Justin Yang, peneliti itu, "Temuan kami memberikan bukti bahwa kapasitas push-up bisa menjadi metode yang mudah dan tanpa biaya untuk membantu menilai risiko penyakit kardiovaskular di hampir semua situasi,"

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

"Anehnya, kapasitas push-up lebih kuat terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular daripada hasil tes treadmill submaksimal," kata Yang.

Tim peneliti telah mempelajari selama 10 tahun, terhadap 1.104 petugas pemadam kebakaran pria dengan usia rata-rata 39 tahun.

Mantan Istri Ungkap Kondisi Kesehatan Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Dari total itu, 37 dari pria mengalami penyakit kardiovaskular (CVD) seperti gagal jantung, kematian jantung mendadak, atau menderita penyakit arteri koroner. Ternyata, semuanya tidak dapat menyelesaikan lebih dari 40 kali push-up, kecuali satu orang. Penelitian ini dilakukan pada pria tetapi bukan berarti tidak berlaku juga untuk wanita.

"Peserta yang mampu menyelesaikan lebih dari 40 kali push-up mengalami penurunan 96 persen dalam insiden CVD dibandingkan dengan mereka yang menyelesaikan kurang dari 10 push-up," tulis penelitian itu.

Yang menarik adalah bahwa push-up sekarang adalah cara terbaik untuk menentukan kasus CVD. Cepat, mudah, tidak memerlukan peralatan atau proses yang rumit dan dapat dilakukan di mana saja.

"Ini adalah pengukuran kuantitatif yang mudah dipahami oleh dokter dan pasien," kata tim. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya