Segera, Belanja di Pasar Tradisional Tak Perlu Pakai Uang

Ilustrasi pasar tradisional
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Pelaksana tugas Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Slamet Santoso mengatakan, saat ini pemerintah tengah menyusun program untuk mendigitalisasikan pasar tradisional. Target tahun ini program tersebut sudah berlaku di 500 pasar di seluruh Indonesia.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

"Kita harus mengubah mindset pedagang konvensional. Harus diberitahu kalau uang fisik itu banyak kumannya, ada juga peredaran uang palsu. Jadi nanti di pasar tradisional tidak lagi beredar uang fisik," katanya di Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019.

Digitalisasi pasar tradisional fokus utamanya adalah di pembayaran digital. Menurut Slamet, nantinya pedagang dan pembeli bisa memanfaatkan sejumlah alat pembayaran, seperti dengan kode QR atau dengan mesin EDC (Electronic Data Capture).

Aksi Pelemparan Batu Warnai Pembongkaran Pasar Kutabumi Tangerang

Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika masih menyiapkan infrastruktur-nya, yaitu dengan pembenahan ekosistem yang sudah ada. Mereka juga menggandeng platform dan komunitas untuk mengedukasi masyarakat, bahwa dengan teknologi akan membantu mereka lebih sejahtera.

"Saat ini masih kita siapkan, ya. Nanti kita pilih ekosistem yang terlibat, akan kita buatkan platform karena konsepnya kan masih peluncuran. Rencananya satu pasar akan dibuat satu platform," katanya.

3 Cara Menjual Uang Koin Rp1.000 Melati Biar Untung, Bisa Capai Rp100 Juta?

Rencananya dalam platform tersebut juga akan disediakan harga-harga dari bahan makanan dan barang yang dijual di pasar. Kemudian bisa dibeli secara online, dan untuk sistem pengantaran bisa melibatkan ekosistem dari Gojek maupun Grab.

"Ini merupakan program yang hebat, mari bekerja sama dengan pemerintah. Kami akan sangat senang hati jika ada platform yang mengajak kolaborasi dengan Kominfo, baik program digitalisasi UMKM maupun digitalisasi pasar tradisional," ujarnya. (ann)

Situasi bangunan Pasar Kutabumi telah dibongkar

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Pembongkaran Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kembali diwarnai kerusuhan, Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024