Wow, Ada Iguana Putih Harganya Capai Ratusan Juta

Snow Iguana.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Iguana-iguana mungil itu terkurung di dalam kotak-kotak kaca transparan. Masing-masing berwarna berbeda. Ada kuning, biru, dan hijau, dan lainnya.

Suhu di Florida AS Sangat Dingin, Iguana Berjatuhan dari Pohon

Tapi satu yang paling mencolok dan mengundang perhatian. Namanya Snow Iguana. Bukan hanya karena kecantikannya, tapi harganya yang fantastis hingga Rp100 juta per ekor.

Iguana-iguana kecil itu terpampang di pameran reptil di Pakuwon Trade Center Surabaya, Jawa Timur, yang berlangsung pada 22 Februari-3 Maret 2019.

Suhu Dingin Ekstrem Buat Iguana Berjatuhan dari Pohon

Selain hewan jenis kadal, ada hewan melata lainnya dipamerkan, seperti ular, laba-laba, dan babi unik. Ada juga hewan biasa hidup di air, seperti kura-kura dan ikan cantik.

Iguana ini satu di antara sekian reptil pameran yang jadi perhatian. Mungkin karena bentuk bodi dan warnanya yang cantik, juga sulit ditemukan di alam bebas di Indonesia.

Daftar Caleg Dapil Jabar II Berpotensi Lolos ke Senayan: Cucun Ahmad, Denny Cagur hingga Aher

Ada macam-macam iguana dipamerkan, di antaranya Albino Iguana, Blue Iguana, dan Snow Iguana. Nah, nama terakhir yang paling mencolok.

Snow Iguana juga mengundang perhatian VIVA. Bagaimana tidak, di kotak kaca yang mengurung binatang berhabitat asli Amerika itu tertulis angka Rp100 juta.

Iguana Putih (kanan).

Banderol itu sangat jomplang dari harga Blue Iguana yang dibanderol Rp3 juta dan Albino Iguana yang hanya Rp650 ribu. Padahal, ukuran tubuh ketiganya sama. Cuma warnanya yang beda.

Lalu, apa yang membuat Snow Iguana istimewa? "Ya, Snow Iguana ini (jenis) albino tapi warnanya putih. Kalau kita lihat yang albino ini biasanya, kan, kuning, tapi ini putih," kata kolektor reptil pemilik Snow Iguana, Budi Wonosasmito, kepada VIVA, Jumat malam, 22 Februari 2019.

Snow iguana, lanjut pria akrab disapa Koh Budi itu, adalah iguana hasil perkawinan Blue Iguana dengan Albino Iguana.

Proses perkawinan agak sulit dan lama karenanya mahal. "Blue dikawinkan dengan albino, lalu kita kawinkan lagi jadilah snow. Dan persentasenya kecil untuk dapat ini," tuturnya.

Koh Budi mengatakan, berbeda dengan jenis iguana lain yang banyak, dia hanya punya tiga Snow Iguana, dua laku dan tinggal satu ekor saja. "(Snow iguana) Ini bisa lebih besar lagi, bisa sampai setengah meter (panjangnya). Tambah besar tambah mahal," ujar pria berumur sekitar 40 tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya