Instagram Bikin Fitur 'Public Collections', Mau Singkirkan Pinterest

Logo Instagram.
Sumber :
  • Instagram/@czamag

VIVA – Media sosial Instagram sepertinya akan meniru sistem dari Pinterest di mana gambar-gambarnya akan dapat diakses oleh publik. Hal ini ditunjukkan bahwa Instagram sedang membuat fitur 'Public Collections' yang mana gambar dapat dibagikan oleh pengguna.

Aura Kasih Mendadak Umumkan Rehat dari Medsos, Warganet Bertanya-tanya

Dikutip dari situs TechCrunch, Minggu 24 Februari 2019, dua tahun lalu Instagram pernah meluncurkan fitur 'Private Collections'. Lewat fitur ini pengguna bisa menyimpan unggahan yang menjadi favorit sehingga dapat dilihat kembali.

Namun, dengan adanya fitur 'Public Collections', Instagram diperkirakan menjadi pesaing Pinterest. Fitur ini akan membuat pengguna menjadi seorang kolektor konten. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk mengumpulkan meme, perjalanan, barang mode atau seni.

Lolly Datangi Rumah Nikita Mirzani, Berharap Bisa Bertemu Meski 10 Menit

Selain itu, fitur tersebut juga akan mengurangi aktivitas pencurian konten. Meski begitu, 'Public Collections' belum tersedia untuk umum, dan baru tersedia untuk Android.

Akan tetapi, saat dikonfirmasi pihak Instagram justru mengelak dan mengatakan bahwa mereka tidak sedang mengujicoba fitur tersebut.

3 Mobil Berujung Tabrakan Karambol Akibat Keliru saat Menikung

Anak usaha Facebook ini diperkirakan masih membutuhkan waktu hingga fitur barunya benar-benar sudah siap diluncurkan atau dibatalkan.

Kendati demikian, fitur ini dinilai masuk akal untuk memberi pengguna layanan berbagi gambar di platform. Walapun Instagram irit bicara, namun 'Public Collections tampaknya benar-benar akan diluncurkan.

Fitur ini menjadi jawaban CEO Facebook Mark Zuckerberg yang menginginkan platform menjadi bisa melakukan hal apapun.

Perlu diingat, akibat adanya Instagram Stories, Instagram telah membenamkan pamor Snapchat, yang menyebabkan pertumbuhannya anjlok sampai 88 persen. Begitu pula dengan fitur barunya ini, ditambah dengan pengguna Instagram yang jumlah penggunanya empat kali lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya