Logo BBC

AS Luncurkan Roket Falcon 9 dan Kapsul Crew Dragon

Roket Falcon 9 milik SpaceX
Roket Falcon 9 milik SpaceX
Sumber :
  • Repro Twitter

Amerika Serikat mengambil langkah besar demi bisa menerbangkan sendiri astronotnya ke luar angkasa. Sejak 2011, AS mengirim astronotnya dengan Soyuz milik Rusia.

SpaceX, perusahaan milik Elon Musk, akan melakukan demonstrasi roket dan sistem kapsul baru: Roket Falcon 9 dan Kapsul Crew Dragon. Jika misi ini berfungsi baik, kapsul ini dapat membawa astronot ke luar angkasa.

Misi rutin ke stasiun ruang angkasa direncanakan dimulai pada akhir tahun ini.

Sejak pensiunnya pesawat ulang alik AS pada tahun 2011, AS belum mampu lagi untuk mengirim manusia ke orbit. Untuk mengirim astronotnya, AS menyewa pesawat Soyuz milik Rusia.

Roket Falcon 9 membawa Kapsul Crew Dragon, dan dijadwalkan lepas landas dari kompleks peluncuran Kennedy Space Center, Florida, pada hari Sabtu pukul 02.49 waktu setempat atau pukul 14.29 WIB.

Peluncuran ini sangat dinantikan karena merupakan peluncuran kapsul pertama dalam program kru komersial Nasa. Kapsul Crew Dragon bisa membawa manusia, tapi dalam peluncuran percobaan kali ini tidak akan membawa manusia.

Peluncuran dilakukan di Pad 39A yang bersejarah, tempat di mana Apollo pernah lepas landas ke Bulan dan Atlantis memulai perjalanan terakhirnya.