Perusahaan Wajib Berinovasi di Era Revolusi Industri 4.0

Direktur Astra Graphia Information Technology, Widi Triwibowo (kiri).
Sumber :
  • Dok. Astra Graphia

VIVA – Direktur Astra Graphia Information Technology, Widi Triwibowo, menyebut perusahaan harus melakukan inovasi untuk menghadapi persaingan bisnis di era revolusi industri 4.0.

Rektor IPDN Mendorong Kesiapan Hadapi Revolusi Industri

"Inovasi adalah mutlak untuk dilaksanakan. Di zaman revolusi industri seperti sekarang pola hidup akan terus berubah. Cara bekerja dan berhubungan juga akan terus menemukan yang baru," kata Widi di Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019.

Ia mengatakan, transformasi industri kali ini akan mengalami perbedaan, baik dari sisi skala, cakupan maupun kompleksitas.

'Smart Mining' di Industri Pertambangan

Perubahan ini tidak dapat diprediksi, namun perusahaan tetap harus bersiap merespons untuk membangun bisnis yang terintegrasi dan berbasis industri pintar.

"Harapannya agar bisa memberikan solusi, how to connect the dots and how to capitalize those. Ini supaya setiap perusahaan tetap relevan, dan bahkan menjadi pemimpin di era revolusi industri 4.0," tuturnya.

Dunia Terus Berubah, Inovasi Tak Bisa Ditawar-tawar

Widi menambahkan perlunya tiga solusi pintar, seperti smart foundation, bagaimana perusahaan membangun fondasi IT, smart process atau membangun proses IT, serta smart connectivity, atau bagaimana membangun sistem konektivitas.

Menurutnya, penerapan teknologi bukan sekadar keinginan, namun juga membutuhkan visi dan misi yang jelas.

"Owner harus ikut melakukan pendekatan secara bertahap agar dapat sesuai dengan harapan dan prosedur yang telah ditetapkan," ungkap Widi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya