Inovasi Tanam Padi Dalam Pot, Mahasiswa IPB Juara se-Asia Tenggara

Ilustrasi brown rice
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Hanief Al Naufal, melakukan inovasi baru di bidang agrikultur. Bersama Yayasan Siti Noerzoewir (YSN), Hanief bekerja sama dengan warga binaan di Kabupaten Bogor menanam padi dalam pot.

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

“Selama ini ada pandangan kalau menanam padi itu kotor, tidak praktis dan membutuhkan lahan yang luas sehingga tidak cocok jika dikembangkan di perkotaan. Kami ingin mengubah pandangan tersebut sekaligus membuktikan bahwa menanam padi itu bersih, praktis dan dapat dilakukan di lahan sempit bahkan skala rumah tangga,” ujar Hanief dalam keterangan tertulis pada VIVA, Jumat, 8 Maret 2019.

Karya ini berhasil menjadi 15 Top Essay pada Asia Speaks Chapter Indonesia yang digelar di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor, 28 Februari 2019. Di bawah bimbingan Dr. Suprehatin, mahasiswa Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) ini memaparkan idenya di hadapan delegasi pemuda dari 10 negara ASEAN.

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Hanief Al Naufal

Hanief Al Naufal
Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menurut Hanief, masyarakat Indonesia gemar bercocok tanam. Selain itu sebagian besar warga juga sudah sadar akan pentingnya produk yang memiliki nutrisi tinggi, sehat dan segar.

Oleh karena itu, Hanief beranggapan konsep padi dalam pot ini sudah tepat untuk diterapkan pada skala rumah tangga dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan pokoknya.

Ilustrasi pedesaan

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Penduduk pedesaan memiliki peran penting dalam keragaman demografi global. Ada negara-negara di mana sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024