Peduli Bencana Alam di Indonesia, Google Danai Proyek Khusus

Tim Google beserta Yayasan Sayangi Tunas Cilik dan BNPB di Jakarta.
Sumber :
  • Ist

VIVA – Raksasa Internet Google turut menaruh perhatian besar atas banyaknya bencana alam di Indonesia. Sebagai negara yang rawan bencana alam, diperlukan kesiapsiagaan yang tinggi, tidak saja dari pemerintah, namun juga dari masyarakat, termasuk anak-anak.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Untuk itu lah Google berinisiatif memberi hibah senilai US$1 juta, khusus untuk membantu meningkatkan persiapan risiko dan mitigasi bencana di Indonesia. Bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bantuan yang diberikan Google.org melalui Yayasan Sayangi Tunas Cilik ini untuk mendanai proyek percontohan selama satu tahun untuk meningkatkan kesadaran dan aksi masyarakat yang tinggal di wilayah berisiko tinggi dan rawan bencana.
 
“Bencana alam bisa membuat jutaan orang menjadi rentan dan keadaan ini bisa sangat menyulitkan, terutama bagi anak-anak,” ucap Jacquelline Fuller, Presiden Google.org., saat mengumumkan hibah itu di kantor Google Indonesia di Jakarta, Jumat 15 Maret 2019.

Pihaknya senang bisa mendukung Yayasan Sayangi Tunas Cilik dalam upaya penting mereka untuk semakin meningkatkan persiapan bencana di Indonesia. "Melalui program ini, bersama-sama dengan relawan Google, kami ingin bekerja sama dengan pemerintah dan organisasi lokal serta organisasi akar rumput lainnya, untuk membangun kota dan masyarakat yang lebih tahan bencana,” lanjut Fuller dalam acara itu, yang juga dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dan Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf.

Deretan Penerawangan 2024 Nostradamus, Salah Satunya Bencana Mengerikan

Selina Sumbung, Ketua Yayasan Sayangi Tunas Cilik, mengungkapkan bahwa melalui hibah Google.org ini, pihaknya akan melakukan kampanye dan aksi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran nasional—menggunakan platform online dan offline—guna memastikan gedung-gedung sekolah dalam keadaan aman, dan anak-anak serta masyarakat dapat mempersiapkan diri lebih baik untuk menghadapi situasi darurat. Program ini diperkirakan dapat menjangkau lebih dari lima ratus ribu penduduk, yang sepertiganya adalah anak-anak.
 
“Seiring waktu, kami berharap bisa bermitra dengan pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil untuk memperluas program ini ke lebih banyak provinsi dan jutaan anak di seluruh Indonesia,” kata Selina. “Tujuan kami adalah mengedukasi dan memberdayakan masyarakat untuk merencanakan dan bersiap menghadapi situasi darurat, serta mengurangi jumlah korban dan anak-anak yang terdampak bencana alam, yang jumlahnya sering kali mencapai ribuan setiap tahunnya,” lanjut dia.

Bambang Surya Putra, Direktur Kesiapsiagaan dari BNPB, menegaskan bahwa antisipasi maupun mitigasi bencana kini merupakan suatu keharusan bagi masyarakat. "Langkah-langkah ini sangat menentukan dalam mencegah timbulnya banyak korban jiwa. Sistim peringatan dini dan kesiapsiagaan masyarakat di daerah bencana merupakan elemen penting," kata Bambang, yang juga mengapresiasi inisiatif Google.org dan Yayasan Sayangi Tunas Cilik ini, yang merupakan mitra lembaga internasional Save the Children.    

Terkuak, Begini Isi Ramalan Jayabaya Perihal Masa Depan Pulau Jawa

Setelah bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi tahun 2018 lalu, Yayasan Tunas Cilik telah bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan darurat anak-anak korban bencana, memberikan pertolongan pertama psikologis kepada korban bencana dan mempertemukan mereka kembali dengan anggota keluarganya, mendistribusikan alat bantu penyelamatan, membangun tenda-tenda sekolah darurat agar mereka dapat terus belajar, dan memastikan mereka—baik anak laki-laki maupun perempuan—tetap aman dengan menyediakan ruang ramah anak.

Dengan pengumuman hibah hari ini, Google.org mengungkapkan telah melakukan investasi di Indonesia senilai lebih dari US$8 juta sejak tahun 2015. Hibah-hibah sebelumnya difokuskan untuk membantu meningkatkan area-area penting lainnya seperti literasi digital dan keamanan saat online.

Jayabaya

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Pandangan tentang masa depan Indonesia menurut ramalan-ramalan Jayabaya menarik untuk dipertimbangkan. Beberapa prediksi yang dibuatnya telah terbukti, ini deretannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024